SOLOPOS.COM - Cara cek apakah Anda termasuk dari penerima BLT BBM tersebut atau tidalk bisa dilakukan lewat ponsel. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTAPemerintah melalui Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT BBM senilai Rp12,4 triliun kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dalam rangka mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM.

Bantuan akan diberikan selama 4 bulan (September-Desember 2022) sebesar Rp150.000 per bulannya kepada 20,65 juta KPM. Penyaluran akan disalurkan sebanyak dua kali, yaitu Rp300.000 pada September 2022 dan Rp300.000 lagi di Desember 2022.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Namun sebelum itu, masyarakat perlu melakukan pengecekan apakah mereka termasuk sebagai penerima manfaat atau tidak. Perlu diketahui, masyarakat dapat melakukan pengecekan penerima bansos BLT BBM hanya melalui https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Baca juga Mudah, Begini Cara Cek Bansos BLT BBM dari Kemensos

Masyarakat juga dapat memanfaatkan situs Cek Bansos dan fitur usul-sanggah di aplikasi Cek Bansos untuk mengusulkan diri sebagai penerima maupun melakukan sanggahan jika ada masyarakat yang tidak berhak mendapatkan bansos.

Berikut Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM Rp300.000

  1. Buka situs resmi https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Masukkan data diri dan alamat sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Masukkan nama sesuai KTP dan ketik 8 huruf kode chapta
  4. Kemudian, klik ‘Cari Data’
  5. Hasil akan muncul secara otomatis. Jika Anda termasuk penerima manfaat, identitas Anda akan muncul dalam data yang ditampilkan

BLT BBM nantinya akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia  di seluruh wilayah Indonesia. Penerima manfaat yang tinggal di sekitar kantor pos atau dengan radius 500 meter dapat langsung mengambil BLT di Kantor Pos.

BLT juga disalurkan melalui komunitas seperti RT/RW, kelurahan, dan kecamatan. BLT juga dapat langsung diantar kepada penerima manfaat penyandang disabilitas, lansia, dan warga yang tinggal di wilayah 3T (terdepan, tertinggal, dan terluar).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sudah Cair, Begini Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM Rp300.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya