SOLOPOS.COM - Ilustrasi berkendara di bawah guyuran hujan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketahui cara cegah kaca helm berembun saat kamu berkendara di waktu hujan turun. Hal ini bertujuan supaya jarak pandangmu sebagai pengendara motor tidak terganggu. Simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

Cuaca saat ini susah ditebak, terkadang ketika cuaca panas terik tidak lama kemudian turun hujan dengan derasnya.  Sebagai antisipasi jangan lupa siapkan jas hujan kalian dan perlengkapan menembus hujan.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Namun pakai jas hujan saja tidak cukup. Pengendara motor juga harus siap menghadapi sejumlah kendala yang muncul saat berkendara di bawah hujan lebat, misalnya motor mogok atau kaca helm berembun.

Berikut ini cara mencegah kaca helm berembun saat berkendara di bawah guyuran hujan seperti dikutip dari federaloil.co.id pada Senin (6/2/2023):

1. Sabun cair/sampo

Pernah lihat para supir bis antar kota mengoleskan sabun cair/ sampo dikaca depan bisnya saat belum berangkat?  Hal tersebut diterapkan agar kaca depan bis tersebut tidak berembun ketika hujan deras turun.  Ilmu itu bisa diterapkan untuk kaca helm juga nih.

Caranya sama saja yaitu oleskan sabun cair/ sampo di kaca helm bagian dalam, kemudian diamkan sekitar 5 menit dan langsung lap saja dengan kain microfiber tanpa dibilas.  Dengan langkah ini dijamin tak ada embun menempel di kaca helm.

2. Tembakau

Cara berikutnya untuk cegah kaca helm berembun saat berkendara di bawah hujan yaitu pakai tembakau.  Mengapa menggunakan1 tembakau? Karena tembakau memiliki daya serap yang baik untuk air.

Bagaimana cara penerapannya?  Pertama ambil tembakau dari rokok, kemudian oleskan di kaca helm bagian luar perlahan, jangan sampai kaca helm kalian baret.  Diamkan sebentar, kemudian usap perlahan tanpa membuang semua sisa tembakau di kaca helm, maka embun akan hilang.

3. Cairan khusus defogger

Saat ini sudah banyak cairan khusus untuk menghilangkan embun yang terjadi di kaca helm, atau kaca mobil kamu. Caranya, semprotkan cairan khusus defogger ini ke dalam kaca helm kalian, kemudian lap dengan kain microfiber.  Dengan harga yang terjangkau pula, kalian sudah tidak usah khawatir kaca helm kalian disinggahi oleh embun yang mampir saat sedang menikmati berkendara di waktu hujan.

4. Pasang antifog helm

Cara cegah kaca helm berembun di waktu hujan ini bisa diterapkan untuk helm dengan pinlock.  Saat ini harga antifog untuk helm juga bervariasi, mulai dari Rp200.000 hingga jutaan rupiah, kamu sudah bisa terbebas dengan embun yang datang ketika hujan turun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya