SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sampah (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar dan sukarelawan ikut berpartisipasi untuk memerangi perilaku membuang sampah sembarangan ke sungai dengan memasang spanduk imbauan.

Pemasangan spanduk itu pada 60 titik yang strategis untuk mengingatkan warga agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Awas! 22 Daerah di Jatim Ini Rawan Bencana Banjir hingga Longsor

BPBD Karanganyar bekerja sama dengan PT Jasa Tirta untuk membuat spanduk tersebut. Pemasangan 60 spanduk akan menyasar beberapa jembatan yang kerap digunakan orang tak bertanggung jawab membuang sampah ke sungai.

Ekspedisi Mudik 2024

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Hartoko, menyampaikan perihal rencana tersebut kepada Solopos.com, Senin (23/11/2020).

Orang Sebar Uang dari Mobil Buat Pembangunan Masjid

Menurut Hartoko, pihaknya telah meminta para sukarelawan untuk memetakan titik mana saja yang kerap menjadi lokasi masyarakat membuang sampah ke sungai.

Dia menjelaskan banyak sampah menumpuk di bawah jembatan.

"Kalau kondisi saat ini musim hujan bisa mengakibatkan sumbatan. Itu [sumbatan] bisa berpotensi mengakibatkan genangan dan banjir karena volume air hujan,” jelas dia.

Mengubah Perilaku Masyarakat

Kemudian, Hartoko menerangkan BPBD Karanganyar berinisiatif melakukan hal tersebut sebagai bentuk edukasi antisipasi bencana. Selain itu, juga sebagai upaya mengubah perilaku masyarakat yang belum sadar pentingnya peduli lingkungan.

“Ada 188 usulan. Cukup banyak. Kami sortir dulu, mana saja yang paling rawan dan paling sering terjadi [buang sampah ke sungai]. Kalau tidak mencukupi [spanduk imbauan], kami akan gandeng pihak lain untuk pengadaan. Nanti mulai dipasang pekan depan,” imbuh dia.

Murah dan Mudah Ditemukan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Pertolongan Pertama Sakit Gigi

Lebih lanjut, Hartono menambahkan upaya tersebut sebagai bentuk prihatin sukarelawan yang sudah beraksi membersihkan sungai, namun sampah terus muncul. Pihaknya berharap upaya penempelan spanduk tersebut bisa menyadarkan masyarakat.

“Kadang orang bawa bungkusan sampah saat mengendarai motor dibuang begitu saja ke sungai. Ini tanggung jawab semua pihak. Harus berusaha mengajak semua orang untuk penanggulangan bencana. Saling mengingatkan kalau menemui ada yang buang sampah ke sungai,” papar dia.

Hari Ini Dalam Sejarah: 24 November 1991, Freddie Mercury Meninggal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya