Ilustrasi daging (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Jatah daging kurban yang cukup banyak semestinya disimpan dengan benar jika tak segera dimasak. Sayangnya, kebanyakan orang kurang paham soal cara dan batas penyimpanan daging kurban yang baik.

Ada batas waktu tertentu dalam penyimpanan daging kurban yang harus diketahui. Nah, tahukah Anda berapa lama batas penyimpanan daging kurban di freezer?

Ahli teknologi pangan, Purwiyatno Haryadi, mengatakan, daging kurban yang disimpan di kulkas tanpa dibekukan bisa bertahan selama tiga hingga empat hari. Jika dibekukan, daging kurban mampu bertahan hingga empat bulan.

Daging yang disimpan di kulkas tanpa dibekukan hanya bisa bertahan selama tiga sampai empat hari. Tapi, selama disimpan di dalam freezer, daging kurban mampu bertahan hingga empat bulan,” terang Pirwiyatno Hariyadi seperti dikutip dari Liputan 6, Selasa (13/8/2019).

Dikutip dari Food Safety, daging merah untuk steak yang disimpan di freezer bisa bertahan sampai setahun jika diawetkan. Namun, daging yang masih segar bisa bertahan selama empat hingga enam bulan.

Menyimpan daging dengan cara dibekukan sebenarnya bertujuan menjaga kandungan gizinya. Selain itu, pembekuan mampu memperlambat pertumbuhan bakteri. Tetapi, pembekuan ini dapat mengubah tekstur daging. “Daging yang dibekukan aman dikonsumsi meski teksturnya berubah,” sambung Purwiyatno.

Selain tekstur, rasa khas daging yang dibekukan juga akan menghilang seiring dengan lamanya penyimpanan. Namun, jangan khawatir karena daging yang dibekukan itu tetap aman dikonsumsi. Dengan catatan disimpan di dalam wadah tertutup dan benar-benar beku.

Dikutip dari NBC, sebaiknya jangan mencuci daging kurban jika hendak disimpan. Mencuci daging kurban justru mengundang perkembangbiakan bakteri. Sebaiknya simpan daging di wadah tertutup. Jangan sampai bersentuhan dengan makanan lain.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten