Begini Cara Aman Simpan Daging Kurban Awet Sampai Setahun

Jatah daging kurban yang cukup banyak semestinya disimpan dengan benar jika tak segera dimasak. Tips kesehatan kali ini membahas tentang cara aman menyimpan daging kurban agar awet hingga setahun.

Begini Cara Aman Simpan Daging Kurban Awet Sampai Setahun

SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Jatah daging kurban yang cukup banyak semestinya disimpan dengan benar jika tak segera dimasak. Sayangnya, kebanyakan orang kurang paham soal cara dan batas penyimpanan daging kurban yang baik.

Ada batas waktu tertentu dalam penyimpanan daging kurban yang harus diketahui. Nah, tahukah Anda berapa lama batas penyimpanan daging kurban di freezer?

Ahli teknologi pangan, Purwiyatno Haryadi, mengatakan, daging kurban yang disimpan di kulkas tanpa dibekukan bisa bertahan selama tiga hingga empat hari. Jika dibekukan, daging kurban mampu bertahan hingga empat bulan.

Daging yang disimpan di kulkas tanpa dibekukan hanya bisa bertahan selama tiga sampai empat hari. Tapi, selama disimpan di dalam freezer, daging kurban mampu bertahan hingga empat bulan,” terang Pirwiyatno Hariyadi seperti dikutip dari Liputan 6, Selasa (13/8/2019).

Dikutip dari Food Safety, daging merah untuk steak yang disimpan di freezer bisa bertahan sampai setahun jika diawetkan. Namun, daging yang masih segar bisa bertahan selama empat hingga enam bulan.

Menyimpan daging dengan cara dibekukan sebenarnya bertujuan menjaga kandungan gizinya. Selain itu, pembekuan mampu memperlambat pertumbuhan bakteri. Tetapi, pembekuan ini dapat mengubah tekstur daging. “Daging yang dibekukan aman dikonsumsi meski teksturnya berubah,” sambung Purwiyatno.

Selain tekstur, rasa khas daging yang dibekukan juga akan menghilang seiring dengan lamanya penyimpanan. Namun, jangan khawatir karena daging yang dibekukan itu tetap aman dikonsumsi. Dengan catatan disimpan di dalam wadah tertutup dan benar-benar beku.

Dikutip dari NBC, sebaiknya jangan mencuci daging kurban jika hendak disimpan. Mencuci daging kurban justru mengundang perkembangbiakan bakteri. Sebaiknya simpan daging di wadah tertutup. Jangan sampai bersentuhan dengan makanan lain.

Berita Terkait

Berita Terkini

FKSPN Karanganyar Kembali Mediasi Pekerja dengan Perusahaan

Dari dua permasalahan yang diadukan sejak 2020 tersebut, muncul kesepakatan bersama terkait nominal pesangon yang diterima pengadu.

Mengecat Pesawat Terbang Tak Semudah Mengecat Gapura Buat Tujuhbelasan

Pengecatan adalah bagian dari proses perawatan karena selama beroperasi, pesawat akan terpapar suhu ekstrem, sangat dingin atau sangat panas.

Jadi Tersangka Aksi Bikini, Dinar Candy Dikenai Wajib Lapor

Dinar Candy terancam hukuman 10 tahun penjara.

Viral Polisi Bantu Pedagang Tua Jualan Koran di Gemblegan Solo, Netizen Terenyuh

Aksi polisi yang membantu pedagang berjualan koran di Solo terekam video viral di media sosial dan menuai pujian netizen.

Warga Terpapar Covid-19 di Wonogiri Ditempatkan di Isolasi Terpusat

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri sudah membuat satu tempat isolasi terpusat, yakni di Gedung PGRI Kecamatan Wonogiri.

Baliho AHY Disoal, Demokrat Sebut Dulu untuk Melawan Moeldoko

Baliho dipasang sejak lama bukan untuk kepentingan Pilpres melainkan digunakan melawan KSP Moeldoko yang sempat melakukan kudeta.

Update Covid-19 Indonesia: Hari Ini Tambah 35.764, Pasien Sembuh 39.726

Dengan tambahan 35.764 kasus, jumlah total kasus Covid-19 yang ditemukan di Indonesia sejak Maret 2020 hingga hari ini menjadi 3.568.331 kasus.

Eks Menkes Sarankan Presiden Jokowi Divaksinasi Nusantara

Vaksin Nusantara dinilai sudah membuktikan keampuhannya sampai tahap uji klinis fase 2 dan akan segera masuk fase 3.

Belum Beroperasi, RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Tunggu Alat-alat Kesehatan

Proses penataan Gedung Madinah Asrama Haji Donohudan (AHD) menjadi RS darurat Covid-19 (RSDC) masih berlangsung.

Akhir Agustus, Vaksinasi Covid-19 di Boyolali Ditarget 70%

Percepatan vaksinasi tersebut ditujukan untuk mengimbangi Kota Solo yang realisasi vaksinasinya sudah mencapai 60%-70%.

Gubernur Ganjar Jamin Stok Vaksin Jateng Ditambah Setiap Pekan

Penambahan stok vaksin setiap pekannya dilakukan menyusul tingginya antusiasme warga Jateng dalam mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

FOTO : Hujan Deras, Sejumlah Kendaraan Mogok di Depok

Genangan air akibatkan kendaraan mogok di Jl. Margonda Raya, Depok, Jabar