Begini 8 Skenario Joan Mir Bisa Juara Dunia Moto GP 2020 Akhir Pekan Ini
Joan Mir (Reuters/Sergio Perez)

Solopos.com, SOLO - Pembalap Suzuki, Joan Mir, selangkah lagi bakal merengkuh gelar juara dunia Moto GP 2020. Bahkan, gelar tersebut bisa disabet Mir pada akhir pekan ini di GP Valencia, Minggu (15/11/2020).

Joan Mir saat ini berada di puncak klasemen pembalap Moto GP 2020 dengan koleksi 162 poin. Dia unggul 37 poin dari Fabio Quartararo dan Alex Rins di posisi kedua dan ketiga yang sama-sama memiliki 125 poin.

Wagub Jabar Klaim Pulangnya Rizieq Syihab karena Peran Pemerintah

Dengan dua hanya seri tersisa, Joan Mir pun sangat terbuka untuk menjadi juara dunia Moto GP 2020. Gelar itu bisa didapat pada akhir pekan ini yakni GP Valencia, atau pekan depan di GP Portugal pada 22 November 2020 mendatang.

Berikut skenario agar Mir bisa juara dunia pada akhir pekan ini di GP Valencia:

1. Finis Podium

Bila berhasil finis podium alias tiga besar, Joan Mir dipastikan jadi juara dunia MotoGP 2020. Dia tak butuh memandang hasil para rival. Finis podium membuat Joan Mir bakal memiliki setidaknya 178 poin (bila finis ketiga), jumlah yang tak mungkin terkejar pembalap lain.

2. Posisi 4-6

Joan Mir bisa memastikan gelar juara dunia bila ia finis di posisi keempat hingga keenam. Namun syaratnya Alex Rins dan Fabio Quartararo tidak jadi pemenang di GP Valencia. Hal itu membuat Mir masih punya selisih 27 poin atau lebih di klasemen dengan sisa satu race.

3. Posisi Ketujuh

Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis di posisi ketujuh tapi dengan syarat Alex Rins dan Fabio Quartararo maksimal hanya finis di posisi runner up. Hal itu akan membuat Mir punya selisih 26 poin atau lebih. Selain itu, Maverick Vinales juga tak boleh juara karena ia masih punya peluang menyamai poin Mir di akhir musim.

4. Posisi 8-10

Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis di posisi kedelapan hingga kesepuluh namun dengan syarat Rins dan Quartararo finis di luar dua besar alias maksimal finis di posisi ketiga.

5. Posisi 11

Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis di posisi ke-11 namun dengan syarat Quartararo dan Rins finis di luar dua besar. Syarat lain Vinales, Andrea Dovizioso, dan Franco Morbidelli tidak jadi juara di Valencia.

6. Posisi 12-14

Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis ke-12 namun dengan syarat Quartararo dan Rins di luar tiga besar. Selain itu Vinales tidak boleh finis di posisi dua besar. Sedangkan Dovizioso dan Morbidelli tidak boleh juara GP Valencia.

7. Posisi 15

Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis ke-15 namun dengan syarat Quartararo dan Rins finis di luar empat besar. Selain itu Vinales tidak boleh finis di posisi dua besar.Sedangkan Dovizioso dan Morbideli tidak boleh juara GP Valencia.

8. Finis di Luar 15 Besar atau Gagal Finis

Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis di luar 15 besar atau gagal finis namun dengan syarat Quartararo dan Rins finis di luar empat besar. Selain itu Vinales tidak boleh finis di posisi tiga besar. Sedangkan Dovizioso dan Morbidelli tidak boleh finis di posisi dua besar.

Republik Aeng-Aeng Berharap Presiden Baru AS Pakai Batik



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom