SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Buenos Aires–Menteri Luar Negeri (Menlu) Argentina, Jorge Taiana mengundurkan diri menyusul perbedaan pendapat dengan Presiden Argentina, Cristina Fernandez. Posisi Taiana digantikan oleh Duta Besar (Dubes) Argentina untuk Amerika Serikat (AS), Hector Timerman.

Menurut statemen Kementerian Luar Negeri Argentina, Taiana mundur karena kurangnya dukungan dan perbedaan dalam pemerintahan atas keputusan-keputusan kebijakan luar negeri. Menurut sumber kementerian kepada kantor berita Reuters, Sabtu (19/6), Taiana berbeda pendapat dengan presiden. Namun alasan pasti pengunduran dirinya tidak jelas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun menurut kantor kepresidenan, Taiana mundur karena alasan pribadi dan pengunduran dirinya telah diterima presiden. Taiana akan digantikan oleh Hector Timerman, mantan jurnalis dan Dubes Argentina untuk AS sejak tahun 2007.

Taiana merupakan aktivis HAM yang pernah dipenjara selama kediktatoran militer Argentina 1976-1983 silam. Pria itu dipilih menjadi Menlu pada tahun 2005 oleh mantan presiden Nestor Kirchner.

Selama menjabat, Taiana kembali mengklaim kedaulatan Argentina atas Kepulauan Falkland. Perebutan kepulauan yang dinamakan Las Malvinas oleh bangsa Argentina itu menyebabkan Inggris dan Argentina berperang pada tahun 1982. Taiana mengeluarkan protes keras terhadap rencana pemerintah Inggris untuk memulai eksplorasi minyak lepas pantai di kepulauan itu.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya