SOLOPOS.COM - Ilustrasi sesak napas. (Dok. Bisnis)

Solopos.com, SOLO – Sesak napas menjadi salah satu gejala umum dari infeksi virus corona penyebab Covid-19. Meski demikian, bukan berarti semua sesak napas menjadi pertanda Anda terkena Covid-19.

Perlu diketahui, sesak napas akibat Covid-19 membuat penderitanya mengalami kondisi yang amat menyiksa. Sebab, sesak napas ini membuat seseorang seolah-olah kehabisan napas, dada terasa sakit, bahkan rasanya bisa sangat menyiksa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kondisi tersebut jelas sangat berbeda dengan sesak napas yang disebabkan asma. Dikutip dari Asthma and Allergy Foundation of America (AAFA), Senin (27/9/2021), perbedaan sesak napas sebagai gejala Covid-19 dan asma biasa adalah durasinya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Klaten Meningkat, Optimistis Tembus 70%

Pengidap asma akan mengalami sesak napas dalam waktu singkat atau bahkan berjam-jam. Sesak napas ini juga bisa disertai dengan gejala lain, yaitu napas berbunyi. Akan tetapi penderita asma biasanya tidak mengalami demam bersamaan dengan sesak napas.

Sementara itu gejala sesak napas yang dialami pasien Covid-19 biasanya berlangsung sekitar 7-25 hari bergantung keparahan infeksi. Gejala sesak napas akibat Covid-19 ini tidak disertai dengan napas berbunyi, namun bisa saja disertai gejala lain berupa batuk kering, nyeri sendi atau otot, serta demam.

Baca juga: Sadis! Kuping Muazin Disayat Jemaah Masjid, Dapat 39 Jahitan

Dalam kondisi buruk, kasus seperti ini menyebabkan pneumonia, ARDS, serta kegagalan multi-organ yang bisa mengakibatkan kematian.

Saat virus corona menginfeksi jaringan paru-paru, virus skan menyebar cepat dan menyebabkan peradangan. Saat hal ini terjadi, maka cairan di paru-paru menumpuk yang membuat pasien mengalami sesak napas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya