Tutup Iklan

Beda dari PDIP, Projo Dukung Khofifah di Pilkada Jatim

Beda dari PDIP, Projo Dukung Khofifah di Pilkada Jatim

SOLOPOS.COM - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan PKH secara simbolis kepada keluarga penerima di Alun-alun Kota Madiun, Senin (17/4/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Projo memilih mendukung Khofifah Indar Parawansa, rival Gus Ipul yang diusung PDIP di Pilkada Jatim.

Solopos.com, JAKARTA -- Pendukung Joko Widodo (Jokowi) memiliki pilihan berbeda dari PDIP di Pilkada Jatim 2018. Relawan Pro Jokowi (Projo) di Jawa Timur menyatakan akan bahu-membahu bersama partai pengusung Khofifah Indar Parawansa untuk memenangkan Menteri Sosial tersebut.

Ketua Umum DPP Projo Budi Arie Setiadi mengatakan anggotanya di Jatim memiliki memori manis dengan Khofifah ketika sama-sama memenangkan Jokowi saat Pilpres 2014. Kerja sama itu akan berlanjut pada Pilkada Jatim 2018 ketika Khofifah maju menjadi calon gubernur.

“Waktu kampanye Pilpres 2014, posko teman-teman Projo dan tim Bu Khofifah di Jatim dekat-dekatan. Jadi kami punya kedekatan emosional dengan Bu Khofifah,” katanya seusai acara diskusi Siapa Wapres Jokowi 2019? di Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Budi mengakui sikap Projo berbeda dengan partai asal Jokowi, PDIP. Bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDIP telah resmi mengusung Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu, Khofifah berpotensi diusung partai oposisi seperti Partai Demokrat. Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu baru menggenggam tiket pencalonan resmi dari Partai Golkar dan Partai Nasdem.

Projo, kata Budi, tidak ada kaitannya dengan partai sehingga memiliki pilihan tersendiri dalam pemilihan kepala daerah. Menurutnya, dukungan Projo terhadap calon kepala daerah tidak asal-asalan melainkan berdasarkan dua kriteria.

Pertama, sang calon kepala daerah harus memiliki komitmen mau bekerja untuk rakyat seperti halnya Jokowi. Kedua, mereka segaris dengan visi Projo untuk mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019. “Dua itu saja sudah. Kami tidak benci partai. Pokoknya segaris dengan pemerintahan Jokowi,” ujarnya.

Pilkada 2018 akan dilaksanakan serentak di 171 daerah tingkat satu dan dua pada 21 Juni 2018. Kontestasi tersebut digadang-gadang sebagai pemanasan partai politik menjelang Pemilu 2019. Apalagi, pilkada digelar di provinsi-provinsi padat penduduk yang menjadi sasaran empuk parpol untuk mendulang suara.

Budi mengatakan saat ini Projo sudah bergerak di seluruh Indonesia untuk menjajaki kerja sama dengan calon kepala daerah. Seperti halnya parpol, Projo juga menaruh perhatian terhadap kantong-kantong suara yang berpotensi mencoblos Jokowi setahun kemudian.

“Di beberapa daerah Projo sudah menyatakan sikap seperti Jatim. Kalau di Jawa Barat masih dinamis. Di Jawa Tengah juga,” ucap Budi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pencurian di Toko Elektronik Boyolali, Uang Rp66 Juta dan 32 TV LED Raib

Pencurian terjadi di sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali. Uang puluhan juta beserta puluhan barang elektronik digondol maling.

Tembok Dilubangi, Toko Elektronik di Boyolali Disatroni Maling, Kerugian Tembus Rp100 Juta

Sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali, menjadi sasaran pencurian. Kejadian itu menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp100 juta.

Meski Sudah Divaksin, Wali Kota Salatiga Terpapar Covid-19

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto terpapar Covid-19 meski telah menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac pada Februari lalu.

Perusahaan Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada Di Wonogiri Loh, Ini Lokasinya

Perusahaan perkebunan serat yang memproduksi tali tambang kapal, karung goni, dan lain-lain pada masa Hindia Belanda ada di Wonogiri.

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.