SOLOPOS.COM - KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (detik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Isu perceraian KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dengan Ninih Muthmainan atau Teh Ninih menjadi kenyataan. Aa Gym resmi mengajukan gugatan cerai terhadap istri pertamanya itu ke Pengadilan Agama Bandung.

Gugatan cerai itu dilayangkan Aa Gym sepuluh hari lalu. Sidang perdana pun sudah digelar hari ini, Rabu (17/3/2021), namun ditunda lantaran para pihak tak hadir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Gugatan sudah hampir 10 hari lalu. Aa memang mengajukan cerai talak ya, talak satu roj'i yang kedua, nah yang kedua ini nanti apakah dari pihak Teh Ninih memang menerima atau tidak, kita juga tidak tahu. Nanti ada kuasa atau yang lainnya," ujar Yoki M Sulaiman, kuasa hukum Aa Gym, saat ditemui di Pengadilan Agama Bandung, Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung.

Baca juga: Santer Kabar Aa Gym Kembali Ceraikan Teh Ninih, Apa Benar?

Ekspedisi Mudik 2024

Yoki mengatakan sidang perceraian itu sedianya digelar hari ini. Akan tetapi sidang ditunda lantaran beberapa pihak tak hadir.

"Ya hari ini dijadwalkan sidang, tetapi memang Aa belum bisa hadir. Tadi sudah sidang, tapi karena memang belum lengkap para pihaknya, sehingga diundur ke pekan depan, seminggu. Mungkin pekan depan akan sidang lagi," kata dia.

Diumumkan di Facebook

Isu perceraian pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu mengemuka sejak beberapa waktu lalu. Kabar tersebut awalnya diunggah oleh putra mereka, Muhammad Ghaza Al Ghazali, di akun Facebook pribadinya. Ia menuliskan sang ibu sudah ditalak tiga oleh ayahnya tersebut.

"Dengan ini saya memberitahukan kepada sahabat-sahabat semua, bahwasanya ibu saya, Ninih Muthmainah, telah dicerai talak tiga oleh ayah saya (Aa Gym)," tulis Ghaza.

Baca juga: Aa Gym Positif Covid-19, Kini Jalani Karantina

Selain itu, ia pun menjelaskan Teh Ninih sudah tak lagi aktif dalam kepengurusan pondok pesantren yang didirikan oleh Aa Gym tersebut.

"Sudah tidak aktif lagi di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid. Mohon kiranya kepada para pembaca untuk tidak lagi bertanya kepada ibu saya perihal pesantren," tulisnya.

"Karena sudah tidak ada keterkaitan dengan pesantren tersebut. Demikian dan terima kasih," sambungnya.

Namun posting-an tersebut sudah dihapus oleh Al. Ia mengatakan dirinya mengikuti saran dari gurunya untuk menghapus posting-an tentang rumah tangga kedua orang tuanya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya