SOLOPOS.COM - Pengusaha Chairul Tanjung atau CT. (Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah gerai Transmart dikabarkan tutup di sejumlah lokasi.  Konglomerat Chairul Tanjung optimistis ritel modern miliknya, Transmart, takkan gulung tikar kendati dalam dua tahun terakhir beberapa gerainya tutup permanen.

Lantas berapa harta kekayaan Chairul Tanjung (CT) saat ini?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melansir data Forbes, Senin (6/2/2023) CT memiliki harta kekayaan sebesar USD5,3 miliar atau setara Rp78,9 triliun (kurs Rp14.900 per US$) dan menduduki peringkat 6 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022.

Namun, disebut kekayaan CT turun. Sebelum Forbes mengumumkan daftar 50 orang terkaya Indonesia 2022, harta kekayaan CT sempat menyentuh USD8,3 miliar atau setara Rp123,6 triliun. Jika dihitung, harta kekayaan CT menyusut sekitar Rp44,7 triliun.

Melansir Bisnis.com, pemilik bank digital PT Allo Bank Indonesia Tbk. atau BBHI punya perjalanan panjang sebelum menjadi pengusaha sukses seperti saat ini.

Saat merintis usaha, Pria kelahiran 16 Juni 1962 ini sempat membuka usaha fotokopi hingga berjualan kaus yang dijalaninya saat masih kuliah.

Hal itu dia lakukan untuk membantu perekonomian keluarga dan membiayai pendidikannya di Fakultas Kedokteran Gigi Univeritas Indonesia. Sebenarnya CT lahir di keluarga yang berkecukupan. Akan tetapi sebuah kebijakan dari membuat usaha koran ayahnya bangkrut.

Mengutip dataindonesia.id, Chairul juga pernah menjadi penyedia peralatan laboratorium dan kedokteran di kawasan Senen. Akan tetapi usahanya tidak berbuah manis. Setelah melewati berbagai rintangan, CT kini sukses membangun bisnisnya. CT Corp menjadi gurita bisnis yang membawahi perusahaan yang bergerak di bidang industri media, ritel, hingga keuangan.

Berkat CT Corp, Chairul kini dikenal sebagai pengusaha sukses tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Dalam perjalanan hidupnya, CT juga sempat menjabat sebagai Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa pada 19 Mei 2014 hingga 20 Oktober 2014.

Sebelumnya diberitakan, konglomerat Chairul Tanjung optimistis ritel modern miliknya, Transmart, takkan gulung tikar kendati dalam dua tahun terakhir beberapa gerainya tutup permanen.

Chairul Tanjung yang merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia itu yakin ke depan unit usahanya akan kembali tumbuh positif.

Keyakinan Chairul Tanjung itu disampaikan Vice President Corporate Communication Transmart, Satria Hamid, Sabtu (4/2/2023).

Satria Hamid mengungkapkan, bergugurannya beberapa gerai Transmart di beberapa daerah merupakan hal biasa dalam siklus bisnis. Transmart optimistis tidak akan bernasib sama dengan beberapa perusahaan ritel modern yang gulung tikar di Indonesia.

“Toko-toko yang tutup itu harus kita lakukan untuk efisiensi dan berlari lebih cepat. Hal itu sudah biasa dalam bisnis ritel. Apalagi bukan itu aja, hotel resto juga banyak yang tutup efek pandemi ini,” ujar Satria seperti dikutip Solopos.com dari Bisnis, Sabtu (4/2/2023).

Beberapa alasan tutupnya beberapa gerai, antara lain dampak pandemi, tren bisnis mulai berubah, baik ritel dan bisnis-bisnis sektor lain pun butuh penyesuaian.

Apalagi, kata dia, ekonomi masyarakat pun masih dalam proses pemulihan. Satria mengatakan gerai yang tutup itu bukan berarti Transmart akan gulung tikar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya