SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--Sejumlah anak buah kapal (ABK) MV Sinar Kudus (Samudra Indonesia) yang disandera oleh perompak Somalia di Teluk Aden  sejak 16 Maret lalu dibawa beserta kapalnya ke Pantai Somalia.

Menurut sumber intelijen di Mabes TNI, Jumat (15/4/2011), para sandera beserta kapalnya dibawa ke Pantai Somalia dan dikumpulkan menjadi satu dengan para sandera lain yang juga dibajak. Di sana ada kapal pesiar, kapal kargo, kapal penumpang dan lain-lain.

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Dijelaskan oleh sumber tersebut, para sandera asal Indonesia sama sekali tidak diperlakukan secara kasar atau disiksa. Bahkan mereka sempat diajak Salat Jumat bersama bersama para pembajak.

“Artinya para sandera Indonesia sejauh ini diperlakukan secara baik,” ujar sumber tersebut..

Melihat situasi perkembangan terakhir ini, imbuh dia, Pemerintah melalui Mabes TNI sedang mempertimbangkan ulang opsi untk melakukan operasi militer dalam rangka membebaskan para sandera.

Mengingat opsi ini dianggap terlalu membahayakan banyak pihak, bukan saja para sandera dari Indonesia, tapi juga dari negara-negara lain. Kemungkinan besar pemberangkatan pasukan khusus dari AL (Denjaka) dan dari AD (Sat-81, Kopassus) dibatalkan.

Pemerintah saat ini masih terus bernegosiasi untuk membebaskan para sandera dengan jalan damai, artinya memenuhi permintaan para pembajak dengan memberikan uang tebusan.

“Motivasi para pembajak memang hanya uang,” imbuh dia.

dhs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya