SOLOPOS.COM - Songgolangit (abilin.blogspot.com)

Songgolangit (abilin.blogspot.com)

Asam urat biasanya ditandai kesemutan, nyeri pada saat bangun tidur, sendi bengkak, panas dan nyeri luar biasa di malam dan pagi hari. Penyakit ini sangat mengganggu aktivitas pengidapnya. Namun tak perlu cemas karena songgolangit mampu mengatasinya.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Asam urat bersumber dari sisa metabolisme zat purin makanan yang dikonsumsi. Purin adalah salah satu kelompok struktur kimia pembentuk DNA. Yang termasuk kelompok purin adalah Adenosin dan Guanosin. Saat DNA dihancurkan, purin pun akan dikatabolisme. Hasil buangannya berupa Asam urat.

“Jika seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung purin, zat itu akan ikut berpindah ke dalam tubuh yang bersangkutan,” ujar praktisi herbal, Slamet Birodin, saat ditemui Harian Jogja, di Jl. Bakri, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Sleman, Minggu (11/3).

Purin ini banyak terdapat pada makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Contohnya adalah babat, usus, paru otak, udang, kerang, cumi, kepiting, daging, telur, dan kaldu. Selain itu, kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping serta sayuran seperti bayam, kangkung, singkong, kembang kol, dan buncis, juga mengandung purin.

“Normalnya, asam urat dikeluarkan tubuh melalui kotoran dan urin. Namnu jika ginjal tidak mampu mengeluarkannya, kadar asam dalam tubuh akan menumpuk. Tumpukan asam urat  akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan nyeri atau bengkak,” ungkapnya.

Namun tak perlu panik, karena kadar asam urat dapat dinormalkan oleh songgolangit. Tanaman ini kaya kandungan mineral di antaranya kalium, magenesium, dan kalsium. Zat-zat tersebut baik untuk menjaga kondisi tulang dan jaringannya.

Tidak salah jika songgolangit sering digunakan menghilangkan rasa nyeri, kaku, dan pembengkakan di persendian karena kadar asam urat tinggi. Manfaat lainnya, songgolangit juga dapat memperbaiki metabolisme fungsi hati dan ginjal, serta meningkatkan stamina tubuh.

Cara mengolahnya, ambil beberapa daun songgolangit segar, lalu dicuci bersih dan direbus. Setelah mendidih airnya disaring dan siap untuk dikonsumsi. Alternatif lainnya adalah mengonsumsi kapsul songgolangit Tazakka yang diproses secara higienis dan dosisnya telah ditentukan.

“Penderita asam urat sebaiknya banyak minum air putih. Air putih dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh,” pungkasnya. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya