BEASISWA UNDIP: Lewat Bidik Misi, Undip Beri 500 Beasiswa Keluarga Miskin

BEASISWA UNDIP: Lewat Bidik Misi, Undip Beri 500 Beasiswa Keluarga Miskin

SOLOPOS.COM - Kampus Undip di kawasan Tembalang, Semarang. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

BEASISWA -- Kampus Undip di kawasan Tembalang, Semarang. Melalui program Bidik Misi, Undip menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa dari keluarga miskin dengan kuota 500 orang. (mli.undip.ac.id)
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melalui program Bidik Misi memberikan beasiswa kepada 500 calon mahasiswa baru dari keluarga miskin.Sementara pada tahun ajaran 2012, Undip menerima sebanyak 8.031 orang calon mahasiswa baru.

Pembantu Rektor I Undip, Prof Dr Hertanto Wahyu Subagyo, mengatakan beasiswa Bidik Misi untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak-anak keluar miskin yang berprestasi agar dapat kuliah. “Pada penerimaan mahasiswa baru 2012, Undip sebenarnya mengajukan 1.000 orang, tapi sementara yang disetujui Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) sebanyak 500 orang,” ujarnya, Selasa (14/2/2012).

Persyaratan utama mendapatkan biaya beasiswa bidik misi, lanjut dia, pendapatan kotor gabungan orangtua/wali calon mahasiswa senilai Rp3 juta setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga senilai Rp600.000 setiap bulan. Selain itu memiliki prestasi akademik, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler yang diketahui kepala sekolah/pimpinan unit pendidikan masyarakat (Dikmas) kabupaten/kota. Prestasi akademik minimal peringkat 25 persen terbaik di kelas, sedang prestasi kegiatan kokurikuler atau ekstrakurikuler minimal peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota. “Seleksi penerimaan beasiswa Bidik Misi dilakukan secara fair dan terbuka oleh Dirjen Dikti. Tak ada permainan,” kata Hertanto memberikan jaminan.

Kepala Unit Pelaksan Teknis (UPT) Humas Undip, Agus Naryoso menambahkan pada tahun ajaran 2012 menerima sebanyak 8.031 calon mahasiswa baru jenjang SI. Penerimaan mahasiswa baru terbagi dalam berbagai jalur, antara lain melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan sebanyak 1.101 orang, SNMPTN ujian tulis sebanyak 3.726 orang.

Melalui jalur ujian masuk (UM) dari jalur SMA sebanyak 2.604 orang, UM dari jalur D3 sebenyak 256 orang, Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) kemitraan lokal, seni, olahraga, dan olimpiade sebanyak 344 orang. “Sebanyak 8.031 calon mahasiswa baru S1 tersebar di 11 fakultas dan 43 program studi/jurusan yang ada di Undip,” ujar dia.

Dia menambahkan dalam penerimaan calon mahasiswa baru S1, ada beberapa jurusan atau program studi yang mempersyaratkan calon mahasiswanya tak buta warna yakni Fakultas Teknik jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, jurusan Teknik Lingkungan, jurusan Teknik Geologi, jurusan Sistem Komputer, Fakultas Kedokteran, Fakultas Peternakan, Biologi, Kimia, dan Kesehatan Masyarakat. “Bagi calon mahasiswa yang mendaftar jurusan dan program studi tersebut, nantinya dilakukan tes khusus,” kata dia.

JIBI/SOLOPOS/Insetyonoto

Berita Terkait

Berita Terkini

Menelusuri Gua Terindah se-Indonesia di Kebumen

Kesulitan dari menyusuri gua adalah kondisi gua yang gelap, banyak air serta medannya licin dan penuh liku-liku, oleh karena itu untuk menyusuri gua diperlukan atribut yang lengkap.

49 Remaja Ngumpul di Sondokoro Karanganyar hingga Dibubarkan Polisi Ternyata Beratribut Perguruan Silat

Sebanyak 49 remaja yang dibubarkan polisi karena berkerumun di kawasan wisata Sondokoro, Karanganyar, ternyata memakai atribut perguruan silat.

Airlangga Sebut Pemerintah Tambah Bansos Saat PPKM Level IV, Ini Perinciannya

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan pemerintah menambah bantuan sosial di wilayah penerapan PPKM Level 4.

Biar Penerima Enggak Dobel, Penyaluran Bansos Covid-19 di Wonogiri Mengacu Data Ini

Ada beragam bansos yang digulirkan pemerintah misalnya PKH, bantuan pangan non tunai (BPNT), bantuan sosial tunai (BST), dan bantuan beras masyarakat.

Pekerja di Karanganyar Akan Terima Bantuan Subsidi Upah

Pemkab Karanganyar berencana memberikan bantuan subsidi upah 2021 kepada karyawan menyusul wacana dari Kemenaker.

Kasus Kematian Pasien Covid-19 Klaten Isoman di Rumah Bertambah

Kasus kematian pasien Covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, yang menjalani isolasi mandiri di rumah meningkat.

Baliho Puan Maharani Ditulisi “Open BO”, PDIP Lapor Polisi

Sukarelawan anggota DPR dari PDIP, Arteria Dahlan, melaporkan aksi vandalisme terhadap baliho Puan Maharani di Blitar ke polisi. Pengamat bilang untuk selamatkan harga diri.

Ikatan Cinta 26 Juli 2021: Tak Ada yang Peduli Lagi, Akankah Elsa Menyerah?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 26 Juli 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Motor Tabrak Becak di Jalan Gelap, Remaja Mondokan Sragen Meninggal Dunia

Kecelakaan di Sidoharjo Sragen itu bermula ketika korban yang mengendarai sepeda motor Honda Supra berpelat nomor AD 5057 ALE melaju dari arah timur ke barat sekitar pukul 22.30 WIB.

TESDA, Wisata Edukasi Sumber Daya Air di Tengah Kota Purwokerto

Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) berada di sekitar Bendungan Banjar II Sungai Kranji, Kota Purwokerto.

Ini Dia Syarat Melakukan Perjalanan Antardaerah Selama PPKM Level 4 yang Diperpanjang

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan aturan tentang syarat melakukan perjalanan antardaerah selama PPKM Level 4 Jawa-Bali.

Rest Area di Pemalang Ini Rupanya Markas Kera Ekor Panjang

Rest area dengan ribuan monyet ini berada di Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang dan namanya adalah Candi Batur.