SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Uni Eropa mengucurkan beasiswa senilai 3,93 juta euro bagi mahasiswa Indonesia tahun ini. Dana setara Rp47 miliar itu diberikan kepada 118 orang peraih beasiswa Erasmus Mundus.

“Beasiswa ini memberi peluang kepada mahasiswa untuk membangun masa depan yang lebih baik dan kesempatan yang berharga untuk belajar tentang kebudayaan, bahasa, serta sistem akademik di berbagai perguruan tinggi terbaik di Eropa,” ujar Wakil Duta Besar Delegasi Uni Eropa di Indonesia, Charles Whiteley, dalam siaran persnya, Kamis (21/7).

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Menurut dia, beasiswa itu berkontribusi meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dampaknya, para penerima beasiswa akan memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja, serta memiliki cara pandang yang terbuka dan pengalaman internasional.

Beasiswa ini didapatkan 118 mahasiswa Indonesia untuk mengikuti program studi S-1, S-2, S-3 dan post-doktoral, baik untuk program gelar maupun non-gelar jangka pendek, di berbagai perguruan tinggi di Eropa mulai tahun akademik 2011. Separuh dari mereka akan menempuh pendidikan di sekurang-kurangnya dua perguruan tinggi yang berlainan di negara Eropa yang berbeda.

Penerima beasiswa dari Indonesia merupakan bagian dari 2.000 calon mahasiswa S-2 dan 120 calon S-3 yang dipilih dari seluruh dunia untuk menerima beasiswa Erasmus Mundus. Dilihat dari jumlahnya, penerima beasiswa dari Indonesia berada di peringkat ketujuh terbanyak dari 160 negara di seluruh dunia, urutan ketiga Asia, dan urutan teratas di Asia Tenggara.(Tempointeraktif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya