SOLOPOS.COM - KPPBC Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Emas Semarang bekerja sama dengan Disperindag menggelar workshop perdagangan internasional bagi pelaku industri kecil dan menengah, Jumat (16/3/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Humas Bea Cukai)

Bea Cukai Tanjung Emas menggelar workshop perdagangan internasional bagi pelaku industri kecil dan menengah.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Emas Semarang mencoba berperan aktif memaksimalkan potensi industri kecil menengah (IKM). Caranya, adalah bekerja sama dengan dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) menggelar workshop mengenai perdagangan internasional, Jumat (16/3/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bukan sekadar workshop, Bea Cukai Tanjung Emas juga menindaklanjutinya dengan asistensi IKM yang membutuhkan pendampingan dalam perdagangan internasional.  Berperan sebagai industrial assistant, Bea Cukai memberikan pemahaman kepada para IKM bagaimana mendapatkan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) serta cara pengurusan impor dan ekspor.

Kerja sama antara Bea Cukai dan Disperindag tersebut diharapkan dapat meningkatkan eksportasi produk industri kecil menengah Jateng. Apalagi perdagangan internasional oleh pelaku usaha IKM bukan hal yang tidak mungkin dilakukan saat ini, terlebih lagi karena industri kecil menengah di daerah Jateng yang tak sedikit yang telah memasarkan produknya untuk dijual ke luar negeri.  Selain itu, tak sedikit dari industri kecil menengah tersebut juga menggunakan bahan baku dari luar negeri dan potensi industri kecil menengah yang berada di wilayah kerja Bea Cukai Tanjung Emas terus mengalami peningkatan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya