BCA Butuh 5.000 Talenta Digital 5 Tahun ke Depan, Cek Kualifikasinya

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) terus mencari  sumber daya manusia di bidang teknologi informasi (IT) alias talenta digital dalam jumlah besar. 

 Logo Bank BCA (JIBI/Bisnis)

SOLOPOS.COM - Logo Bank BCA (JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) terus mencari  sumber daya manusia di bidang teknologi informasi (IT) alias talenta digital dalam jumlah besar.

Bank yang secara konsolidasian mencatatkan aset senilai Rp1.264,5 triliun pada semester I/2022 itu menyatakan masih mencari bibit-bibit talenta digital yang mengerti akan teknologi untuk membuat pondasi digitalisasi BCA semakin kokoh.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Direktur Kepatuhan BCA Lianawaty Suwono mengungkapkan keberadaan IT di tengah kehidupan telah mengubah cara masyarakat bekerja dan beraktivitas dengan lebih mudah.

Di industri perbankan misalnya, bank mendampingi semua pelaku usaha dan masyarakat dalam bertransaksi.

Artinya, teknologi sudah menjadi core bisnis perbankan dalam melayani kebutuhan nasabah. Berkaca dari hal itu, Liana mengatakan BCA masih terus melakukan perekrutan talenta digital.

Baca Juga: IHSG Ditutup Menghijau, Ini Saham-Saham Paling Cuan

Adapun, talenta digital yang dimiliki BCA secara bank only hampir mencapai 1.500 per Juni 2022.

“Tahun ini kami mendekati 2.000 [talenta digital] dan mencapai 2.000 sekian itu tahun depan [2023]. Tahun ini sudah hampir 1.500. Jadi, kami masih ada PR untuk merekrut talenta digital,” kata Liana saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Selasa (9/8/2022).

Tak hanya induk, Liana mengungkapkan dari anak usaha BBCA juga sangat membutuhkan talenta digital. Secara total, Liana mengatakan anak usaha BCA membutuhkan talenta digital di kisaran 50 – 100 orang di size medium.

Sementara itu, BCA Finance juga membutuhkan hingga 200 – 300 SDM digital. Menurutnya, kebutuhan talenta digital dalam 5 tahun ke depan akan terus bertambah dan masih tinggi.

Baca Juga: IHSG Berpotensi Menguat Terbatas pada Agustus, Cermati Saham-Saham Ini

“BCA sendiri target kita tahun depan itu 2.000 [talenta digital]. Tapi kita akan targetkan lebih lagi bisa sampai 4.000 – 5.000 orang lagi, tahunnya mungkin kita prediksi kurang lebih 5 tahun. Tapi itu gradually, ya,” sambungnya.

Adapun, Liana menyampaikan perseroan membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk merekrut sebanyak 10.000 talenta digital. Namun, dia mengingatkan prediksi tersebut bisa berubah kapan saja.

“Kami harus agile, yang namanya proyeksi sewaktu-waktu bisa berubah. Jadi, adaptif terhadap kondisi, namun tidak kaku terhadap rencana yang telah disusun,” ucapnya.

Lebih lanjut, Liana menerangkan semua skill atau kemampuan yang perseroan cari dalam perekrutan talenta digital mulai dari bagian communication, network, cloud technology, programming, hingga yang berhubungan dengan data seperti data analyst.

“Jadi banyak sekali talenta-talenta IT yang varian skill-nya berbeda-beda dan itu semua dibutuhkan, karena itu satu kesatuan. Itu diperlukan network communication infrastruktur yang bagus dan bisa diandalkan,” lanjutnya.

Baca Juga: Satu Group, Ini Perbedaan BCA Digital dan BCA Biasa

Menurut Liana, 1.500 talenta digital yang saat ini dimiliki BBCA masih terbilang merupakan angka yang kurang. Dengan kata lain, perseroan masih terus melakukan perekrutan, terutama merekrut dari mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate.

“Kami masih hire terus [talenta digital], dan berbagai strategi ada kami merekrut fresh graduate. Mayoritas kami rekrut dari fresh graduate karena lebih mudah kami mengajarkannya. Tapi untuk skill-skill tertentu, kami merekrut yang sudah expert atau berpengalaman. Jadi kombinasi,” ungkapnya.

Di samping itu, Liana menuturkan capex BBCA terus mengalami pertumbuhan, di mana perseroan serius dalam menginvestasikan dana tersebut dengan mayoritas di bidang IT dan sumber daya manusia (SDM).

“Fokus BCA itu selalu ada 2, orang [SDM] dan IT. Kedua hal ini kami enggak pernah pelit untuk investasi,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: BCA Butuh 5.000 Talenta Digital 5 Tahun ke Depan

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

      Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

      Sejumlah produk minuman ringan hanya mencantumkan tambahan gula olahan dalam ukuran sendok makan, yang terkadang diabaikan karena dianggap sedikit, sehingga berpotensi menjadi racun badan di masa depan.

      Berita Terkini

      Satgas Investasi Cabut 2.078 IUP Tidak Produktif, 733 Perusahaan Keberatan

      Satgas Percepatan Investasi serta Satgas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi telah mencabut 2.078 izin usaha pertambangan (IUP).

      Jual Migor Murah, Pengusaha Ritel Tagih Rp300 Miliar ke Pemerintah

      Aprindo diberi tugas oleh pemerintah untuk menjual minyak goreng senilai Rp14.000 per liter, meski harga keekonomian minyak goreng sekitar Rp16.000-Rp20.000 per liter.

      Harga Pangan di Pasar Legi Stabil, Empat Komoditas di Pasar Nusukan Turun Harga

      Pantauan di Pasar Legi dan Nusukan Solo, ada sejumlah komoditas pangan yang mengalami fluktuasi harga.

      Wujudkan Ekonomi Indonesia Lebih Kuat, Telkom Genjot Pemenuhan Talenta Digital

      PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memiliki tanggung jawab untuk mendukung digitalisasi di Indonesia melalui penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan digital.

      Kasusnya Lagi Viral, Siapin Modal Segini Buat Buka Franchise Esteh Indonesia

      Kasusnya lagi viral di media sosial, ternyata kamu perlu menyiapkan modal segini untuk buka usaha franchise Esteh Indonesia.

      Adu Vokal dan Dance Semarakkan Korean Wave di Sleman City Hall 

      Hari ketiga Korean Wave di Sleman City Hall (SCH) berlangsung semakin seru, Sabtu (24/9/2022).

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

      SGS 2022 Beri Sensasi Keseruan Belanja Virtual 3D

      VR SGS sendiri hadir dengan konsep Kota Solo, lengkap dengan expo tenant dan suasana transaksi sungguhan di Pasar Gede.

      Masa Penawaran ORI022 Dibuka Mulai Rp1 Juta, Bunga 5,95 Persen

      Masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 mulai Rp1 juta dibuka, Senin (26/9/2022) hari ini dengan bunga 5,95 persen.

      Tegaskan Tak Ada Perubahan Daya, PLN Evaluasi Uji Coba Kompor Listrik di 2 Kota

      Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT PLN (Persero) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik.

      Awal Pekan Stagnan! Cek Harga Emas Pegadaian, Senin 26 September 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Senin (26/9/2022) hari ini terpantau stagnan untuk cetakan UBS dan Antam.

      SGS 2022 Digelar saat Low Season Hotel dan Restoran, Ini Alasannya

      Tahun ini event Solo Great Sale (SGS) telah dimulai pada Minggu (25/9/2022) dan akan berakhir pada 30 Oktober 2022 nanti.

      SGS 2022 Disebut Mampu Dongkrak Okupansi Hotel di Solo Hingga 20 Persen

      Pelaksanaan SGS 2022 juga dapat mendongkrak okupansi hingga di atas 70%.

      Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat, Simak Saham-Saham Berikut

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Senin (26/9/2022) hari ini.

      Freeport Indonesia Buka 4 Lowongan Kerja, Penempatan di Jatim

      Empat posisi yang ditawarkan Freeport Indonesia nantinya ditempatkan di Jatim.