BBWS Sebut Proyek Normalisasi BKT Baru 60%

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana menyebutkan progres proyek normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) secara keseluruhan saat ini baru mencapai sekitar 60%. Padahal, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menghendaki proyek itu selesai 2018.

“Saat ini, proyek normalisasi Sungai BKT secara keseluruhan telah rampung 60%,” kata Kepala BBWS Pemali Juana Ruhban Ruziyatno di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (12/12/2018).

Meski demikian, progres yang dicapai per paketnya pekerjaan sudah melebihi pencapaian itu, seperti pengerjaan struktur pelindung sungai di kanan-kiri yang mencapai 90%. Pengerjaan parapet sungai di sebelah kanan juga sudah mencapai 90%, kata dia, sementara parapet sebelah kiri masih 20% karena masih ada pedagang kaki lima (PKL).

Diakuinya, permasalahan sosial, yakni masih adanya hunian liar dan pedagang kaki lima (PKL) yang belum direlokasi dari bantaran sungai memang menjadi kendala tersendiri. Namun, kata dia, para kontraktor yang menangani proyek normalisasi terus bekerja dengan memanfaatkan titik-titik yang sudah ditinggalkan PKL untuk percepatan pembangunan.

“Pak Menteri [Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono] minta awal Januari besok sudah clear,” katanya.

Percepatan proyek normalisasi Sungai BKT, kata dia, dimaksudkan untuk mengantisipasi musim hujan yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Januari-Februari 2019. Diharapkan, kata Ruhban, rampungnya normalisasi Sungai BKT menjadi solusi mengatasi banjir dan rob yang terjadi di wilayah timur Semarang, termasuk jalur Pantura Semarang.

Dari proyek normalisasi sepanjang 6,7 km itu terbagi atas tiga paket yang dikerjakan masing-masing kontraktor, yakni paket pertama mulai muara hingga Jembatan Kaligawe. Paket kedua dimulai dari Jembatan Kaligawe hingga Jembatan Citarum, sementara untuk paket tiga melanjutkan dari Jembatan Citarum sampai Jembatan Majapahit Semarang.

Proyek yang ditangani Kementerian PUPR itu dimulai sejak akhir 2017 hampir sama dengan normalisasi yang sudah dilakukan di Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Berita Terkini

Al Firdaus, Sekolah International Baccalaureate Pertama di Jawa Tengah

Al Firdaus World Class Islamic School saat memutuskan bekerja sama dengan International Baccalaureate (IB), yayasan pendidikan internasional asal Jenewa, Swiss. Tahun ini Primary Years Programme (PYP) untuk usia 3-12 tahun serta Middle Years Programme (MYP) untuk usia 11-14 tahun di Al Firdaus resmi terotorisasi IB.

Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu, Akan Jalani Sudhi Wadani

Putri Presiden Pertama RI, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, pindah ke agama Hindu dan akan menjalani proses Sudhi Wadani di Bali.

Lereng Gunung Batur Di Gianyar Bali Terbakar

Kebakaran hutan kembali terjadi di lereng Gunung Batur, Kintamani, kabupaten Gianyar, Bali, Jumat (21/10/2021) sore.

Bu Bupati, Car Free Day Sukoharjo Kapan Dibuka?

Penyelenggaraan CFD masih menunggu rekomendasi atau izin dari Ketua Satgas Covid-19 Sukoharjo atau Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Siap-Siap, Gerbong Mutasi Lanjutan Pejabat Sukoharjo

Saat ini, jabatan strategis yang masih kosong yakni Asisten II Setda Sukoharjo, Asisten III Setda Sukoharjo dan staf ahli bupati.

Vaksinasi Pelajar Usia di Atas 12 Tahun di Solo Selesai

Pemkot Solo belum mendapatkan petunjuk soal vaksinasi untuk pelajar di bawah usia 12 tahun.

Wuss! Kubah Masjid Terbang Kena Angin Kencang

Sebuah kubah masjid di Desa Sidomulyo, Kedungadem, Bojonegoro terbang diterjang angin kencang.

Jempol, 2 Penyanyi dan 3 Musikus Solo Nominasi AMI Awards 2021

Aditya bersama grupnya Aditya Ong Trio masuk kategori Karya Produksi Instrumentalia Terbaik lewat karya berjudul a New Life.

Kadisdik Solo: Pulang Sekolah Siswa Harus Langsung Pulang

Kepala Disdik Solo Etty Retnowati mengatakan temuan siswa yang terpapar Covid-19 tak selamanya bernilai negatif.

Tewaskan Kru Film, Alec Baldwin Bebas dari Hukuman?

Hingga saat ini, tidak ada tuntutan untuk Alec Baldwin atas insiden mengerikan itu.

Sejarah Hari Ini : 23 Oktober 2011, Simoncelli Kecelakaan di Sepang

Berbagai peristiwa terjadi di dunia pada 23 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

Ini Analisa Peneliti atas Basal yang Dibawa Chang’e dari Bulan

Sampel basal yang dibawa misi Chang'e-5 dari bulan ke bumi dibagikan ke para peneliti.

Miris! Operator Call Center Basarnas Tewas Dibegal

Seorang pegawai Basarnas menjadi korban begal di Kemayoran, Jakarta Pusat. Korban meninggal dunia akibat dibacok kawanan begal.

Jumlah Ponpes di Klaten Terus Meningkat, Kini Mencapai 100-an

Pengembangan sistem pendidikan di ponpes membuat banyak warga memilih memondokkan anak mereka.

Sambut Balapan Mandalika, Wisudawan di Lombok Berpakaian Balap

Sambut balapan di Mandalika, wisudawan Poltekpar ikuti wisuda drive thru mengenakan kostum balap.

Muncul Jerawat di Kelamin, Bagaimana Bedakan dengan Herpes Genital?

Lalu, bagaimana cara membedakan apakah benjolan merah yang muncul di alat kelamin itu benar-benar jerawat atau herpes genital?