SOLOPOS.COM - Tampilan Blackberry Messenger untuk perangkat Android. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, JAKARTA — BBM for All termasuk BBM untuk Android diunduh 10 juta pengguna dalam sehari. Namun, sebagian pengguna Android mengatakan belum bisa mengunduh Blackberry Messenger (BBM) untuk Android.

Setelah membuka BBM dan membuka mengunduhnya ternyata disebutkan bahwa perangkat yang digunakan tidak sesuai (kompatibel) dengan BBM. Mereka pun bertanya-tanya.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Jika hal ini yang terjadi maka ada beberapa kemungkinan. Pertama pihak BlackBerry memang pernah mengumumkan bahwa BBM untuk Android, atau dikenal dengan BBM for All, baru bisa digunakan di perangkat smartphone dan belum bisa digunakan di tablet.

Kemungkinan kedua adalah versi sistem operasi yang digunakan juga tidak mendukung. Berdasarkan pengumuman BB sebelumnya versi OS yang diperlukan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) dan iOS 6 (untuk iPhone) atau yang lebih baru. Perangkat tablet tidak didukung.

BBM untuk Android ini akhirnya bisa diunduh lewat Google Pay pada Selasa (22/10/2013) dini hari WIB.

Selain itu untuk mengunduh aplikasi BBM ini bisa dengan membuka alamat bbm.com dari perangkat Android. Setelah itu arahkan ke Play Store untuk mengunduhnya. Cara ini relatif lebih aman karena berasal dari alamat yang resmi. Pengguna juga bisa mengunduh di Play Store dengan alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bbm

Setelah itu, pengguna bisa menginstallnya. Jika sudah mempunyai BB ID, maka pendaftaran akan lebih mudah karena Anda tinggal mengisinya. Aplikasi di BBM pun berjalan dengan lancar.

Ketika dicoba dengan menggunakan BB ID yang sebelumnya didaftarkan melalui perangkat BlackBerry maka seluruh “Kontak” maupun “Group” otomotis terimpor di perangkat Android. Namun PIN BBM di perangkat Android berbeda dengan di perangkat BB. Selain itu, setelah BBM di Android bisa beroperasi, BBM di perangkat BB kita menjadi tidak bisa dioperasikan.

Untuk mengetahui PIN BBM di Android, maka tap (sentuh) saja profil kita maka akan terlihat PIN BBM.

Sementara yang belum mempunyai BB ID atau ingin membuat BB ID baru maka Anda bisa membuatnya dari aplikasi BBM untuk Android tersebut.

Sebelumnya pihak BB juga mengumumkan bahwa BBM untuk iPhone juga akan segera bisa diunduh.

Semula BBM untuk Android dan iPhone akan diluncurkan pada 21 September 2013, namun ditunda karena pada saat itu banyak aplikasi tidak resmi yang diunduh pengguna Android. Akibatnya sistem BlackBerry menjadi bermasalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya