SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak jenis Premium di SPBU. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

BBM terbaru akan menggunakan nama Pertalite.

Solopos.com, JAKARTA – Bahan Bakar Minyak (BBM) terbaru yang bakal diluncurkan PT. Pertamina (Persero) akan memakai nama Pertalite. Seperti apa profilnya?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertalite memiliki oktan number atau RON 90, harga BBM baru akan lebih murah dari Pertamax tapi sedikit lebih mahal dari Premium. Pertalite walau memiliki oktan 90 namun bahan bakar ini berbeda jauh kualitasnya dengan Premix yang dulu pernah dijual dan harus ditarik karena masalah lingkungan.

Ekspedisi Mudik 2024

Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang mengungkapkan, Premix dan Pertalite tentu sangat berbeda. Apalagi dulu Premix menggunakan campuran MTBE (Methyl Tertra Butyl Ether), sedangkan Pertalite merupakan campuran Nafta dan HOMC (High Octane Mogas Component).

“Premix itu dulu singkatan Premium-mixture. Artinya dibuat dari Premium ditambah MTBE. Tapi tidak lama kemudian Premix harus ditarik, karena penggunaan MTBE dilarang karena terbukti mencemari air tanah,” ungkap Bambang seperti dilansir Detik, Jumat (17/4/2015).

Selain itu tambah Bambang, dalam Pertalite juga ditambah zat aditif lainnya seperti EcoSAVE yang membuat bahan bakar semakin baik, semakin irit.

“Aditif yang ditambahkan bukan untuk menaikkan oktan, tapi menambahkan features BBM menjadi lebih terbakar sempurna, sehingga mesin lebih bertenaga dan halus, ramah lingkungan dan hemat karena melaju lebih jauh,” tutup Bambang.

Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri menyebutkan nama bensin baru pengganti Premium itu sedikit mirip dengan Pertamax, yakni Pertalite.

“Namanya Pertalite. Mungkin maksudnya bahan bakar yang membuat tarikan mesin ringan, lite-kan ringan. Karena kata Direksi Pertamina, Pertalite ini kualitasnya lebih bagus, tarikan mesin lebih ringan, lebih bersih,” beber Eri.

Jika logo Pertamax berwarna biru dan hijau, Eri menjelaskan Pertalite akan memiliki logo berwarna emas. Kendati demikian, warna logo itu masih ada kemungkinan berubah.

“Warna logonya gold alias emas, tapi saya enggak tahu apa nanti berubah lagi apa tidak, soalnya kan belum diluncurkan Pertamina,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya