SOLOPOS.COM - Fadli Zon berfoto selfie dengan wanita pendukung calon presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di New York, Kamis (3/9/2015) . (JIBI/Solopos/Reuters)

Kebijakan BBM satu harga yang membuat harga bensin di Papua sama dengan di Jawa. Namun, Fadli Zon khawatir hal ini hanya pencitraan.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengkritisi kebijakan Presiden Joko Widodo untuk menetapkan satu harga bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Indonesia. Menurutnya kebijakan tersebut baik, tapi dia mempertanyakan konsistensi pemerintah dalam tahap implementasi. Dia khawatir pernyataan tersebut hanya sebatas pencitraan saja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jangan sampai waktu itu seperti daging yang harganya ingin ditetapkan Rp80.000, tetap saja di pasaran Rp100.000-120.000,” ujar Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati demikian, dia melihat upaya pemerintah untuk mengintervensi pasar dengan menekan harga BBM sangatlah baik. Tentu jika benar bisa dilaksanakan, hal itu akan berdampak positif pada kehidupan masyarakat, khususnya di wilayah timur Indonesia.

Fadli Zon juga mengingatkan pemerintah dalam pelaksanaanya memperhatikan anggaran yang dibutuhkan. Dengan menekan biaya BBM, artinya akan ada penganggaran subsidi yang cukup besar, khususnya terkait distribusi ke wilayah timur. Baca juga: BBM Satu Harga, Seluruh Indonesia Seragam Mulai 2017!

Diminta komentar secara terpisah, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menilai permasalahan perbedaan harga BBM selama ini berpangkal dari perbedaan biaya distribusi. Dengan demikian, diperlukan rencana jangka panjang untuk melakukan eksplorasi minyak di wilayah timur Indonesia. “Jadi jangan mengambil jauh dari Jawa, itu yang menimbulkan biaya tinggi,” ujar Taufik.

Namun, Taufik juga menyatakan dukungannya atas program tersebut. Penyamarataan harga BBM pada akhirnya akan berdampak pada pemerataan pembangunan sumber-sumber ekonomi. Selain BBM, Taufik mengatakan bahwa Papua juga perlu bantuan pemerintah dalam hal tarif dasar listrik. Pembangunan pembangkit listrik menurutnya adalah hal yang juga perlu dilakukan.

Adapun Presiden Jokowi dalam kujungannya ke Papua menyampaikan targetnya untuk menyamaratakan harga jual BBM di seluruh wilayah Indonesia. Dia menargetkan hal itu dapat terjadi pada 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya