BBM NONSUBSIDI: Dilarang Pakai Premium, Kenaikan Tarif Ambulans Bisa Bebani Pasien

 ILUSTRASI (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

BOYOLALI–Direksi RSUD Banyudono, Boyolali berharap ada kebijakan yang bisa diambil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali untuk operasional ambulans rumah sakit tersebut. Hal itu berkaitan dengan diberlakukannya larangan pemakaian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bagi kendaraan dinas di wilayah tersebut. Kenaikan tarif pemakaian ambulans untuk antar-jemput pasien dipastikan bisa membebani pasien.

Kepala Tata Usaha (TU) RSUD Banyudono, Sri Rejeki mengemukakan pemberlakuan larangan pemakaian BBM bersubsidi bagi kendaraan pelat merah itu berdampak terhadap biaya operasional ambulans rumah sakit itu, khususnya untuk layanan antar-jemput pasien.

Beralihnya pemakaian BBM dari premium ke pertamax secara otomatis harus naik dari sisi harga hingga dua kali lipat. Sehingga tarif pemakaian ambulans yang harus dibebankan kepada pasien kelas I dan kelas II, naik.

“Itu yang menjadi dilema kami. Dengan pemakaian pertamax, tentu harganya akan naik hingga dua kali lipat. Dan itu akan membebani pasien, khususnya kelas I dan kelas II,” ungkap Sri ketika ditemui wartawan di kantornya, Kamis (6/9/2012).

Dengan kondisi tersebut, pihak RSUD berharap Pemkab bisa mengambil kebijakan khusus untuk operasional ambulans karena menyangkut layanan rumah sakit kepada masyarakat.

“Ya mungkin bisa dengan kebijakan pemberian subsidi. Sebab kalau mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri ESDM No 12/2012, semua kendaraan dinas pemerintah daerah, termasuk ambulans, dilarang menggunakan BBM bersubsidi,” katanya.

Terpisah, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Boyolali, Basuni mengakui dalam rapat kerja Komisi IV dengan RSUD Banyudono salah satunya membahas keberadaan ambulans tersebut. Rencananya, Komisi IV memberikan rekomendasi terkait hal itu.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Yusuf Mansur Doakan Semua Orang yang Mengkritik Dirinya

Yusuf Mansur bahkan mendoakan semua orang yang mengkritik dirinya agar diberi panjang umur dan kebaikan.

Bawa Kabur Pikap dan Jahe, Pasutri Asal Cepogo Boyolali Dibekuk Polisi

Awalnya pasutri pencuri jahe tersebut akan bertemu dengan warga Ponorogo penjual jahe di Sunggingan, Boyolali, namun kemudian berpindah ke Madu, Mojosongo.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (28/1/2022): Banyak Film Baru Nan Seru Hlo

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Jumat, 28 Januari 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?

Solopos Hari Ini: Desakan Evaluasi PTM Menguat

Lonjakan kembali kasus Covid-19 beberapa hari terakhir memperkuat desakan agar pemerintah meninjau ulang kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Doa Saat Kaki Mengalami Kesemutan atau Kram Menurut Ajaran Islam

Berikut ini terdapat doa saat kaki mengalami kesemutan atau kram menurut ajaran Islam yang dijelaskan Nahdlatul Ulama (NU Online).

Miliader Kini Bangkrut, Warga Tuban Tak Dibekali Cara Mengelola Uang?

Sempat menjadi 'crazy rich', warga Tuban kini dikabarkan bangkrut karena dana hasil ganti untung pembebasan lahan yang akan digunakan untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban telah habis.

Lirik Lagu Satru 2 - Denny Caknan

Berikut ini lirik lagu Satru 2 dari Denny Caknan, yang telah tayang pada Kamis, 27 Januari 2022 di Youtube dan ditonton lebih dari 700.000 kali.

Salim Said Nilai Mega Tak Tulus Dukung Jokowi

Salim menilai Megawati mendukung Jokowi karena tidak ada pilihan lain mengingat elektabilitas politikus asal Solo itu pada 2014 tak terbendung.

Eksklusif! Gibran Buka-Bukaan, Siap Jadi Sales demi Kota Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka buka-bukaan mengenai rencana-rencananya dalam wawancara eksklusif dengan Presiden Direktur SMG, Arif Budisusilo.

Pendidikan Sangat Penting untuk Bekal Memasuki Era Metaverse

Metaverse adalah teknologi penyedia peluang-peluang baru sekaligus mengandung ancaman-ancaman baru. Butuh ketangguhan kepribadian memasuki era teknologi ini agar inovatif dan tak diperbudak.

RSI Surakarta Resmi Luncurkan Layanan BPJS Kesehatan

Adanya layanan BPJS Kesehatan ini bisa meningkatkan pelayanan kepada seluruh pasien RSI Surakarta sesuai prosedur pelayanan yang berlaku.

Sejarah Hari Ini: 28 Januari 1871 Pengepungan Paris Berakhir

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 28 Januari.

Jokowi Dorong G20 dan B20 Aktif di Pemulihan Ekonomi Global

Presiden mengatakan Covid-19 mengajarkan pada semua pihak bahwa pandemi bukan hanya menjadi masalah namun sekaligus menjadi peluang untuk tumbuh lebih baik.

2 Perempuan Diduga Pelaku Prostusi Online Ditangkap di Indekos Solo

Tim gabungan menangkap dua orang perempuan yang diduga pelaku prostitusi online saat tengah berdua-duaan dengan laki-laki di kamar indekos wilayah Serengan, Solo.

Disebut Tempat Jin Buang Anak, Kalimantan Lebih Kaya dari Jawa

Jin buang anak merujuk kepada istilah untuk menunjukkan suatu daerah yang jauh dari keramaian, sepi, dan terbelakang dari sisi ekonomi.

Tengah Malam di Bangunan Tua Rumah Jagal Solo, Serem Lur!

Rumah jagal atau pemotongan hewan di kompleks Kantor DKPP Solo merupakan salah satu bangunan tua dari awal 1900-an yang masih terjaga keasliannya.