SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang sayuran (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Harianjogja.com, KULONPROGO– Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai berimbas pada harga sayur mayur dan sembako.

Pantauan di Pasar Wates, harga sayur mayur mulai merangkak naik dengan kisaran kenaikan antara Rp1.000 hingga Rp2.000 per kilogram.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

“Sudah dari sejak kemarin harga sayuran mulai naik. Biaya transportasi naik karena BBM juga sulit dicari,” ujar Wasirah, 62, salah satu pedagang sayur di Pasar Wates, Selasa (26/8/2014).

Wasirah mengatakan hampir semua harga sayuran naik. Jenis sayuran yang paling tinggi kenaikannya adalah kol. Harga normal sayuran ini sebelumnya Rp5.000 per kilogram, naiknya biaya transportasi membuat harganya menjadi Rp8.000 per kilogram.

“Hampir semuanya naik. Harga kentang juga naik dari yang tadinya  Rp8.000 menjadi Rp10.000 per kilogram,” imbuh Wasirah.

Tumiyem, 63, penjual sayur mayur lainnya mengatakan dampak kelangkaan bahan bakar langsung berdampak pada harga sayur mayur.

Penyebabnya, sebagian besar sayur mayur yang ada di pasar ini dipasok dari luar DIY. Pemasok sayuran terbanyak ke wilayah DIY adalah Magelang dan Muntilan di Jawa Tengah.

“Kebanyakan sayuran dipasok dari Jawa Tengah, otomatis saat harga BBM naik, biaya distribusi juga naik. Apalagi sekarang ini sepi pembeli,” ujar Tumiyem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya