SOLOPOS.COM - General Manager Pertamina MOR IV Semarang, Kusnendar (tiga dari depan) mengisi BBM baru Dexlite ke mobil konsumen di SPBU Jl. Fatmawati, Semarang, Kamis (26/5/2016). (Insetyonoto/JIBI/Semarangpos.com)

BBM baru produksi Pertamina, Dexlite, mulai dilakukan uji pasar di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Semarang yang membawahi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan uji pasar produk bahan bakar minyak (BBM) solar baru Dexlite.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

General Manager Pertamina MOR IV Semarang, Kusnendar mengatakan, uji coba BBM Dexlite dilakukan di lima stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Semarang, Brebes, Kudus, Banyumas, dan Cilacap. “Sampai akhir Mei ini penjualan Dexlite akan ditingkatkan di 13 SPBU dan sampai Desember 2016 diharapkan sudah ada 131 SPBU di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata di sela melakukan uji pasar BBM Dexlite di SPBU Jl. Fatmawati, Semarang, Kamis (26/5/2016).

BBM Dexlite, lanjut dia, merupakan inovasi Pertamina yang diperuntukan untuk pengguna kendaraan bermesin diesel dalam upaya mengurangi emisi gas buang. Dexlite memiliki angka cetane number (CN) 51 dan kandungan sulfur maksimal 1.200 part per million (ppm), lebih tinggi dari solar dengan angka CN 48 dan kandungan sulfur maksimal 3.500 ppm, namun lebih rendah dari Pertamina Dex yang memiliki angka CN 53 dan kandungan sulfur maksimal 300 ppm.

Harga BBM Dexlite Rp6.650/liter, sedangkankan harga solar Rp5.150/liter. Untuk Pertamina Dex Rp8.600/liter. ”Jadi harga Dexlite di tengah-tengah solar dan Pertamina Dex. Tapi ke depan harga Dexlite yang nonsubsidi ini akan berfluktuasi mengikuti harga pasar dunia,” ungkap Kusnendar.

Dia menambahkan untuk mendukung operasional produk Dexlite ini telah disiapkan infrastruktur terminal BBM, armada mobil tanki, dan fasilitas lainnya. “Kehadiran Dexlite ini merupakan kontribusi Pertamina dalam rangka membantu pemerintah mengurangi penggunaan BBM bersubsidi,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi  (Hiswana Migas) Kota Semarang, Moh. Januar merasa optimitis kehadiran BBM Dexlite bisa diterima konsumen. “Kesadaran konsumen untuk menggunakan BBM nonsubsidi sudah semakin meningkat, sehingga optimitis Dexlite bisa diterima konsumen,” ujar dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya