SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

BBM baru Solarlite diklaim lebih baik dari solar subsidi.

Solopos.com, JAKARTA – PT Pertamina menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) baru bernama Solarlite. Posisinya akan berada di antara Peramina Dex dan solar subsidi, Biosolar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager MOR III Pertamina, Afandi mengatakan BBM baru Solarlite memiliki angka Cetane mencapai 51. Angka tersebut lebih tinggi daripada Biosolar, Cetane 46, namun masih di bawah Pertamina Dex, Cetane 53.

Cetane merupakan angka dari 0 hingga 100 yang menunjukkan pembakaran relatif BBM jenis solar. Semakin tinggi angka Cetane, maka semakin baik pula kualitas solar sehingga membuat mesin diesel lebih responsif dan minim getaran.

“Sekarang kami punya Pertamina Dex dan solar subsidi. Solarlite ya di antara itu,” ujar Afandi seperti dilansir laman Okezone, Senin (22/2/2016).

Tetapi ketika ditanya seputar waktu peluncuran Solarlite, Afandi belum bisa menyebutkan. “Belum, nanti saja. Tunggu informasi peluncuran resmi dari Pertamina,” jawabnya.

Soal harga pun demikian, belum ada angka pasti. Kendati demikian Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Ahmad Bambang, memberi bocoran harga BBM baru Solarlite lebih murah dari Pertamina Dex atau di bawah Rp8.000 per liter.

“Tidak sampai Rp8.000 per liter. Kalau pakai solar subsidi ngomong tarikan mesin diesel kurang, nah pakai ini [Solarlite] lebih bagus,” ungkap Ahmad sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya