SOLOPOS.COM - Transaksi solar bersubsidi (Dok/JIBI/Solopos)

BBM baru Solarlite disambut baik oleh pabrikan otomotif.

Solopos.com, JAKARTA — Bahan bakar minyak (BBM) solar jenis baru, Solarlite, segera diluncurkan oleh PT Pertamina. Hal tersebut mendapat tanggapan dari pabrikan otomotif di Tanah Air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu respons datang dari PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) selaku pemegang merek Mitsubishi. BBM baru Solarlite yang diklaim lebih baik dari solar subsidi, Biosolar, dan dianggap membuat performa mobil diesel Mitsubishi lebih baik.

“Selama ini kami belum menerima laporan masalah serius [dengan Biosolar]. Dengan adanya solar baru Solarlite yang lebih baik, seharusnya tidak menjadi masalah,” ungkap GM Marketing Division KTB, Irwan Kuncoro seperti dilansir laman Detik, Senin (29/2/2016).

Iwan menambahkan pihak KTB belum melakukan pengujian pada Solarlite terhadap mobil disel Mitsubishi. Tetapi pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah melakukan riset meski hasilnya belum dirilis.

Sementara itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku kabar akan hadirnya Solarlite membuat pihaknya sedikit kerepotan. Sebab ada beberapa strategi penjualan yang harus disesuaikan. “Aturan resminya belum keluar, ini yang membuat kami selaku pemain industri otomotif jadi repot saat mau bikin strategi,” papar Managing Director 4W (SIS), Davy J Tuilan sebagaimana dikutip dari Okezone.

Tetapi jika Solarlite benar akan diluncurkan, lanjut Davy, pihaknya akan mempertimbangkan untuk mendatangkan mobil Suzuki Ertiga bermesin diesel seperti yang beredar di India saat ini. Sebagai informasi, BBM baru Solarlite memiliki nilai Cetane 51. Artinya secara kualitas Solarlite lebih baik dari Biosolar (Cetane 48) namun masih di bawah Pertamina Dex (Cetane 53).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya