SOLOPOS.COM - Bantuan-ilutrasi.dok

Baznas Karanganyar salurkan 900 paket sembako.

Solopos.com, KARANGANYAR—Program Natura Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karanganyar sudah menyalurkan 900 paket Sembako untuk lansia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Ketua Baznas Kabupaten Karanganyar, Abdul Muid, menyampaikan program natura sudah berjalan sejak 1,5 tahun yang lalu. Program natura fokus menangani masalah kesejahteraan masyarakat sesuai asnaf, yakni fakir miskin, miskin, dan lain-lain.

“Termasuk di dalamnya kan janda, duda, tua, yang fakir miskin, miskin, tidak punya penghasilan. Sesuai asnaf. Setiap bulan, rutin kami keluarkan 900 paket natura. Itu sembako, beras, minyak, peralatan mandi, dan lain-lain. Rata-rata senilai Rp200.000. Bantuan diberikan seumur hidup atau sampai penerima meninggal,” kata Abdul saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (26/2/2018). (baca juga: 5.000-An Warga Lansia Karanganyar Butuh Bantuan)

Jumlah penerima bantuan natura meningkat apabila dibandingkan tahun lalu. Abdul mengingat jumlah penerima bantuan sekitar 800 orang. Jumlah bertambah sesuai permintaan dan masukan. Daftar pemohon bantuan akan dicek dan diverifikasi.

“Data itu bekerjasama dengan Dinas Sosial. Ada masukan dan permohonan tetapi kami melihat persediaan kami juga. Semua dipusatkan di Dinsos supaya terkoordinasi dan satu pintu,” paparnya.

Namun demikian, Abdul menjelaskan semua orang boleh mengajukan apabila menemukan warga yang patut dibantu. Petugas Baznas akan berkoordinasi dengan Dinsos dan mengecek persediaan atau alokasi dana program natura. Bantuan diserahkan langsung kepada penerima.

“Kami berikan honor kepada petugas yang mengantarkan bantuan. Makanya bantuan harus diantar dan diserahkan langsung kepada penerima. Per desa itu dulu hanya tiga orang penerima natura. Kalau sekarang sudah lima orang per desa,” tutur dia.

Dia menjelaskan program natura mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. Baznas membantu warga yang belum terlindungi program pemerintah.

“Kami bantu yang belum ter-cover pemerintah. Pengentasan kemiskinan lewat Baznas. Belum terkaver Dinsos, dikaver Baznas. Kalau dana cukup, ada penambahan warga yang butuh bantuan ya langsung kami salurkan. Enggak perlu menunggu tahun depan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya