Baznas Banjarnegara Kembali Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Rp773 Juta

Pada penyaluran dana kali ini untuk bantuan fakir miskin, menyasar 58 desa yang masuk kategori tertinggal. Per desa dipilih 10 orang sehingga total 580 orang.

 Baznas Kabupaten Banjarnegara kembali menyerahkan paket bantuan untuk masyarakat. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Baznas Kabupaten Banjarnegara kembali menyerahkan paket bantuan untuk masyarakat. (Istimewa)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjarnegara kembali menyerahkan paket bantuan untuk masyarakat.

Bertempat di Sasana Abdi Praja, Rabu (22/9/2021), telah disalurkan dana dari Baznas untuk penerima manfaat meliputi 580 orang fakir, 177 anak yatim, piatu, maupun yatim piatu, dan 158 orang penyandang disabilitas.

PromosiIndonesia Punya 75 Jenis Soto, Lima di antaranya Khas Solo

Seremoni penyerahan dana Baznas dilakukan oleh Asisten Sekda Bidang Pembangunan dan Kesra, Singgih Haryono, bersama Ketua Baznas Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo dan pengurus yang diterima oleh 5 orang perwakilan penerima.

Ketua Baznas Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengatakan dana Baznas muaranya untuk membantu masyarakat mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan ekonomi rakyat, pendidikan, dan kesehatan.

Baca Juga: Keren! Banjarnegara Punya Sidara, Layanan Penyedia Data Potensi Desa

“Dana Baznas berasal dari beberapa sektor, yakni ASN, anggota DPRD dan perorangan. Baznas menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana zakat tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan, pengajurannya dari desa dan relawan di lapangan,” kata Sutedjo.

Sutedjo memerinci pada penyaluran dana kali ini untuk bantuan fakir miskin menyasar 58 desa yang masuk kategori tertinggal. Per desa dipilih 10 orang sehingga total 580 orang.

“Masing-masing warga mendapatkan Rp1,2 juta sehingga total Rp696 juta untuk periode Juli sampai dengan Desember, dengan asumsi per bulan Rp200.000,” terang Sutedjo.

Kemudian untuk 177 anak yatim, piatu, maupun yatim piatu, Baznas provinsi membantu 100 anak berupa alat tulis berikut tasnya, sedangkan 77 anak berupa alat tulis berikut tasnya juga uang tunai Rp110.000 per anak untuk 177 anak dibantu dari Baznas kabupaten, dengan total dana Rp44,25 juta.

Baca Juga: Pantau Harga Komoditas, Disperindagkop UKM Banjarnegara Luncurkan Sipinter-APIK

Adapun 158 orang penyandang disabilitas, per orang mendapat bantuan Rp250.000, sehingga total Rp39,5 juta.

“Jadi total keseluruhan dana yang disalurkan hari ini adalah sebesar Rp773 juta, dan bagi penerima tidak ada pajak maupun potongan apa pun,” tandas Sutedjo.

Menurut Kadi SE, Kades Gununggiana Kecamatan Madukara, yang mendampingi warganya menerima bantuan kali ini, merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Baznas Banjarnegara.

“Baznas Banjarnegara telah menunjukkan aksi dan kepedulian yang tinggi. Kemarin waktu Covid juga telah menjalankan amanat dari Presiden, Gubernur maupun dari Bupati membantu masyarakat yang terkena maupun terdampak Covid-19. Semoga selalu membawa kemaslahatan umat,” katanya.

Prestasi Baznas Banjarnegara sangat bagus. Antara lain peringkat 1 di Jawa Tengah dalam pendayagunaan zakat dan urutan kelima pemanfaatan dana Baznas setelah Karanganyar, Cilacap, Banyumas, Tegal, dan Pemalang. Acara tersebut dihadiri 150 orang dengan mematuhi protokol kesehatan.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Keistimewaan Purworejo, Kota Kelahiran Pejuang Bangsa Indonesia

Purworejo dijuluki sebagai Kota Pejuang karena kabupaten di Jawa Tengah ini merupakan tempat kelahiran deretan tokoh bangsa Indonesia.

Gunung Prau, Spot Golden Sunrise Terbaik di Jawa Tengah

Gunung Prau yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan spot golden sunrise terbaik di Jawa Tengah.

Ini Spot Nonton Pelepasan Lampion Waisak 2022 di Borobudur

Begini cara menyaksikan pelepasan ribuan lampion dalam puncak perayaan Waisak di Candi Borobodur pada Senin (16/5/2022).

Terbanyak di Jateng, Segini Jumlah Kiai di Pati

Kabupaten Pati ternyata menjadi wilayah yang memiliki jumlah kiai terbanyak di Jawa Tengah (Jateng).

Aksi Pembacokan di Jepara, Satu Pelaku Tertangkap Satunya Buron

Seorang pelaku pembacokan menggunakan sebilah pedang di desa Ujung watu, Kecamatan Donorojo, Jepara berhasil ditangkap polisi.

Jos! Desa di Pemalang Ini Bebas dari Status Miskin Berkat Pupuk Organik

Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, bisa terlepas dari status desa miskin berkat pengolahan pupuk organik.

Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Bandara Semarang, Ini Sebabnya

Pesawat Citilink bernomor penerbangan QG 483 dengan rute Banjarmasin ke Cengkareng mengalami kerusakan mesin dan akhirnya mendarat darurat di Semarang.

Bawa 146 Penumpang, Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Semarang

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 483 mendarat darurat di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang.

Air Berkah Waisak Diambil di Umbul Jumprit, Airnya Bisa Bikin Awet Muda

Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung, memiliki sejarah panjang dan airnya dipercaya memiliki banyak khasiat.

Disemayamkan di Candi Mendut, Ini Makna Api Dharma Waisak dari Mrapen

Api Dharma Waisak 2566 Budhist Era (BE) yang diambil dari Sumber Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, disemayamkan di Candi Mendut, Kabupaten Magelang.

Air Berkah Waisak Diambil dari Umbul di Lereng Gunung Sindoro

Air berkah Waisak 2566 Buddhis Era (BE) diambil dari lereng Gunung Sindoro tepatnya Umbul Jumprit di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kota Lama Semarang, Spot Wisata Favorit di Jawa Tengah

Kawasan Kota Lama Semarang menjadi objek wisata terfavorit di Jawa Tengah.

Gunung Manggir, Wisata Alam Ngehits di Blora

Gunung Manggir merupakan objek wisata alam ciamik di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sakral! Begini Ritual Waisak di Candi Borobudur

Perayaan Hari Raya Triusuci Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, telah menjadi daya tarik wisata.

Blora Penghasil Kayu Jati Terbaik di Dunia, Tapi...

Separuh wilayah Kabupaten Blora yang berada di kawasan Kendeng merupakan kawasan hutan, khususnya hutan pohon jati penghasil kayu terbaik di dunia.

Geger! Mayat Perempuan Misterius Ditemukan Warga Kebumen, Ini Cirinya

Sosok mayat perempuan tanpa identitas atau misterius ditemukan warga di sebuah ladang di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen.