Baznas Banjarnegara Beri Pelatihan Rias Pengantin hingga Bikin Magot

Dalam upaya membantu memerangi kemiskinan, Badan Amal Zakat Infak dan Sedekah (Baznas) Kabupaten Banjarnegara kembali menyelenggarakan pelatihan ekonomi produktif.

 Badan Amal Zakat Infak dan Sedekah (Baznas) Kabupaten Banjarnegara kembali menyelenggarakan pelatihan ekonomi produktif di Gedung Sasana Adiguna Kompleks Setda, Selasa (9/11/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Badan Amal Zakat Infak dan Sedekah (Baznas) Kabupaten Banjarnegara kembali menyelenggarakan pelatihan ekonomi produktif di Gedung Sasana Adiguna Kompleks Setda, Selasa (9/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com, BANJARNEGARA – Dalam upaya membantu memerangi kemiskinan, Badan Amal Zakat Infak dan Sedekah (Baznas) Kabupaten Banjarnegara kembali menyelenggarakan pelatihan ekonomi produktif.

Pelatihan kali ini diperuntukkan untuk 40 Pemuda dengan bidang skill meliputi montir sepeda motor, pembuatan magot, menjahit, dan rias pengantin.

PromosiPelajaran dari Fenomena Mencari Orang Kuat di Indonesia dan Filipina

Ketua Baznas Banjarnegara, H. Sutedjo Slamet Utomo SH M.Hum, saat pembukaan pelatihan keterampilan, Selasa (9/11/2021) di Gedung Sasana Adiguna Kompleks Setda, mengatakan Baznas selalu terpanggil untuk memerangi kemiskinan khususnya di wilayah Banjarnegara. Tujuan pelatihan ini memberikan mereka ketrampilan dan skil sebagai bekal bekerja, bahkan membuka lapangan pekerjaan sendiri.

“Setelah melalui masukan dan pertimbangan, kami pilih kegiatan pelatihan ini, karena kami rasa efektif dan diminati generasi muda. Dengan hasil dari pelatihan ini, Baznas berharap nantinya mereka bisa bekerja dengan ketrampilannya tersebut, syukur bisa mandiri, sehingga akan menambah pemasukan keluarga dan mengurangi pengangguran,” kata Sutedjo dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: 5 Wisata Dekat Dieng yang Eksotis

Adapun untuk periode ini, total peserta 40 orang dibagi dalam 4 kejuruan, sehingga masing-masing kelompok kejuruan berjumlah 10 orang. Mereka dipilih dari empat wilayah kecamatan, yakni Susukan, Klampok, Mandiraja dan Purwanegara. Mereka akan digembleng di empat lokasi yakni aula Baznas, Bengkel Motor Karang Tengah, aula Dinas Sosial dan Klampok.

“Tak hanya sampai pelatihan, peserta juga dibantu peralatan kerja meliputi mesin jahit lengkap dengan dinamo, peralatan perbengkelan lengkap dengan kompressor, peralatan rias pengantin dan media pembuatan magot. Jadi saya mohon peserta nanti bisa bersikap gemi, titi, gemati, lan taberi,” pesan Sutedjo.

Adapun Asisten Ekbang Kesra, Tursiman S. Sos yang hadir mewakili Plh Bupati Banjarnegara dalam sambutannya mengapresiasi langkah Baznas yang tak henti-hentinya selalu membantu Pemerintah dalam memerangi kemiskinan. Kepada peserta, Tursiman meminta untuk mengikuti pelatihan ini dengan saksama dan serius.

“Tantangan kita kedepan adalah persaingan dengan tenaga kerja asing dan pesatnya teknologi. Yang bisa menghadapinya adalah orang-orang yang kreatif dan inovatif. Jika tidak, lama-lama kita akan tergilas. Manfaatkan betul kesempatan pelatihan ini,” ujar Tursiman.

Baca Juga: Si Bina Cantik Bingits Bawa Jateng Raih Penghargaan Inovasi Kemenpan-RB

Salah seorang peserta pelatihan magot (pakan ikan) dari Desa Kaliajir, Danang, merasa sangat bersyukur dirinya bisa mengikuti pelatihan ini.

“Banjarnegara kan sentra ikan Jawa Tengah, dengan pelatihan magot ini semoga kami bisa mengembangkan magot sebagai pakan ikan yang bisa mendatangkan nilai ekonomi,” ujar pemuda tanggung itu.

Hadir dalam pembukaan tersebut seluruh pengurus Baznas dan empat camat yang mengantarkan peserta dari wilayahnya. Pelatihan tersebut dibiayai dari dana Baznas Banjarnegara senilai Rp170 juta.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Terbanyak di Jateng, Segini Jumlah Kiai di Pati

Kabupaten Pati ternyata menjadi wilayah yang memiliki jumlah kiai terbanyak di Jawa Tengah (Jateng).

Aksi Pembacokan di Jepara, Satu Pelaku Tertangkap Satunya Buron

Seorang pelaku pembacokan menggunakan sebilah pedang di desa Ujung watu, Kecamatan Donorojo, Jepara berhasil ditangkap polisi.

Jos! Desa di Pemalang Ini Bebas dari Status Miskin Berkat Pupuk Organik

Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, bisa terlepas dari status desa miskin berkat pengolahan pupuk organik.

Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Bandara Semarang, Ini Sebabnya

Pesawat Citilink bernomor penerbangan QG 483 dengan rute Banjarmasin ke Cengkareng mengalami kerusakan mesin dan akhirnya mendarat darurat di Semarang.

Bawa 146 Penumpang, Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Semarang

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 483 mendarat darurat di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang.

Air Berkah Waisak Diambil di Umbul Jumprit, Airnya Bisa Bikin Awet Muda

Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung, memiliki sejarah panjang dan airnya dipercaya memiliki banyak khasiat.

Disemayamkan di Candi Mendut, Ini Makna Api Dharma Waisak dari Mrapen

Api Dharma Waisak 2566 Budhist Era (BE) yang diambil dari Sumber Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, disemayamkan di Candi Mendut, Kabupaten Magelang.

Air Berkah Waisak Diambil dari Umbul di Lereng Gunung Sindoro

Air berkah Waisak 2566 Buddhis Era (BE) diambil dari lereng Gunung Sindoro tepatnya Umbul Jumprit di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kota Lama Semarang, Spot Wisata Favorit di Jawa Tengah

Kawasan Kota Lama Semarang menjadi objek wisata terfavorit di Jawa Tengah.

Gunung Manggir, Wisata Alam Ngehits di Blora

Gunung Manggir merupakan objek wisata alam ciamik di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sakral! Begini Ritual Waisak di Candi Borobudur

Perayaan Hari Raya Triusuci Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, telah menjadi daya tarik wisata.

Blora Penghasil Kayu Jati Terbaik di Dunia, Tapi...

Separuh wilayah Kabupaten Blora yang berada di kawasan Kendeng merupakan kawasan hutan, khususnya hutan pohon jati penghasil kayu terbaik di dunia.

Geger! Mayat Perempuan Misterius Ditemukan Warga Kebumen, Ini Cirinya

Sosok mayat perempuan tanpa identitas atau misterius ditemukan warga di sebuah ladang di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen.

Polda Jateng Sebut 237 Hewan Ternak di Jateng Terindikasi PMK

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) menyebut ada 237 hewan ternak di wilayah Jateng yang terindikasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Api Dharma Tri Suci Waisak dari Mrapen Disakralkan di Mendut

Pengambilan Api Dharma Tri Suci Waisak dilakukan di Api Abadi Mrapen, Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (14/5/2022).