SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis/Dok)

Badan Amil Zakat (BAZ) Temanggung menyalurkan bantuan senilai Rp1,8 miliar kepada masyarakat kurang mampu.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Badan Amil zakat (BAZ) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada 2015 menyalurkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu sebanyak Rp1,8 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Harian Baz Kabupaten Temanggung, Setyo Adji, di Temanggung, Jumat (23/10/2015), mengatakan sejumlah bantuan tersebut disalurkan pada delapan program unggulan BAZ, yakni peduli pendidikan Rp647.974.000, peduli kesehatan Rp88 juta, peduli modal duafa Rp160 juta.

Kemudian peduli papan Rp750 juta, peduli penyandang cacat Rp41,5 juta, peduli konsumtif Rp149,25 juta, peduli bencana Rp27 juta, dan peduli kemanusiaan Rp25,72 juta.

Ia mengatakan pada program peduli pendidikan, BAZ Temanggung menyelenggarakan “Beasiswa Tuntas SLTA” untuk menyekolahkan anak-anak lulusan SLTP yang tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SLTA.

Ia menyebutkan pada 2014 BAZ Temanggung menyekolahkan 110 anak dan 2015 sebanyak 67 anak lulusan SLTP yang berasal dari keluarga miskin, namun berprestasi.

“Mereka memperoleh beasiswa mulai dari membayar pendaftaran, biaya SPP, keperluan MOS hingga pada uang harian untuk transportasi atau biaya indekost. Untuk program beasiswa Tuntas SLTA ini setiap bulan BAZ mengeluarkan antara Rp70 juta hingga Rp80 juta,” katanya.

Ke depan, katanya BAZ berencana memberikan beasiswa hingga S1 bila seorang anak dapat memenuhi kriteria yang telah ditentukan BAZ.

“Insya Allah bakal lahir sarjana-sarjana BAZ yang selain bisa mengubah dirinya dari mustahik menjadi muzaki, juga bakal membangun bangsa ini menjadi maju,” katanya.

Wakil Bupati Temanggung yang juga Ketua Umum BAZ Kabupaten Temanggung, Irawan Prasetyadi mengatakan potensi BAZ di Kabupaten Temanggung sebenarnya cukup besar, namun belum tergali secara maksimal.

“Berdasarkan hitungan, dari PNS di Temanggung yang beragama Islam jika semua menyisihkan satu persen dari gajinya untuk BAZ bisa terkumpul Rp4 miliar per tahun, namun sekarang baru berkisar Rp2 miliar per tahun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya