Gibran Rakabuming Raka (tengah), bersama Bayu Skak (kanan) berbincang dengan moderator dalam diskusi Antero: Science Discussion yang diselenggarakan pengelola channel Youtube kok-bisa? di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sabtu (23/11/2019). (Solopos - Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLOGibran Rakabuming Raka dan Youtuber Bayu Skak berbagi cara meraih view atau penonton video di Youtube. Kolaborasi antarpembuat konten menjadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kunjungan.

Menurut Bayu Skak, hal itu sudah dilakukan banyak pembuat konten Youtube, bahkan oleh mereka yang sudah memiliki banyak subscriber sekalipun. Kolaborasi menjadi cara untuk membuat sebuah konten menjadi viral.

“Kolaborasi ini penting untuk meningkatkan view hingga kemudian menjadi viral. Pelanggan nantinya bisa menonton atau men-subscribe channel milik keduanya sehingga pemirsa masing-masing channel terus bertambah banyak,” ujarnya dalam acara diskusi Antero: Science Discussion yang diselenggarakan pengelola channel Youtube kok-bisa? di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sabtu (23/11/2019).

Acara ini secara khusus membahas rahasia di balik konten viral. Selain itu, konten orisinal juga disukai pemirsa. Misalnya seorang kreator bisa membuat konten dengan penggunaan bahasa daerah asal pembuatnya. Bayu Skak mencontohkan dirinya yang sering menggunakan bahasa Jawa Timuran--daerah asalnya--dalam konten-konten videonya.

Gibran: Jangan Takut Disebut Anak Muda Tak Berpengalaman!

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka mengiyakan cara-cara Bayu Skak dalam upaya meningkatkan view hingga menjadi viral. Anak sulung Presiden Joko Widodo ini menambahkan penonton Youtube menginginkan konten yang menarik.

Menurutnya, definisi menarik sangat luas sehingga ini menjadi tantangan para pembuat konten. “Kadang kita butuh sesuatu menarik. Mungkin yang nyeleneh agar orang tertarik untuk melihatnya. Soalnya kalau biasa-biasa saja, nyatanya view-nya sedikit,” ujarnya.

Gibran Puji Program Akta Kelahiran Solo, Rudy: Terima Kasih Ada yang Memuji

Diskusi yang dipandu komika dan kreator Sepulang Sekolah, Koi, tersebut juga menghadirkan dua pembicara lain. Mereka adalah anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia Roby Muhammad dan Youtuber Fergie JNX.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten