SOLOPOS.COM - Indria Fitri memberikan susu kepada anaknya Mesi Farel Bramasta yang lahir tanpa anus di Desa Kwangsen, Jiwan, Kabupaten Madiun, Jumat (13/12/2019). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- Mesi Farel Bramasta, bayi yang lahir tanpa anus, kondisinya sudah mengkhawatirkan. Orang tua bayi berusia empat bulan itu pun kebingungan mencari biaya untuk pengobatannya.

Di sisi lain, RSUD Dr. Soetomo Surabaya juga belum memberikan jadwal pasti kapan Mesi menjalani operasi pembuatan anus. Padahal, sudah hampir tiga bulan Mesi menunggu untuk mendapatkan penanganan medis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di tengah kebingungan ibunda Mesi, Indria Fitri, para tetangga di lingkungan RT 010/RW 004, Desa Kwangsen, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, ikut membantu dan meringankan beban mereka.

Selama ini Fitri bersama suaminya bermukim di Timika, Papua. Sejak kedatangannya di Madiun, awal pekan lalu, Fitri dan Mesi tinggal di rumah orang tua Fitri.

Ekspedisi Mudik 2024

KA Batara Kresna Solo-Wonogiri Absen 3 Hari

Para tetangga mendatanginya dan menawarkan bantuan kepada keluarga malang itu. Saat tiba di Madiun, Fitri mengaku tidak memiliki uang untuk membeli makanan dan susu buat anaknya yang punya masalah kesehatan itu.

Akhirnya para tetangga berembuk dan memberikan bantuan kepada Fitri. Tetangga juga mengunggah foto beserta cerita soal Mesi itu ke media sosial. Informasi itu pun tersebar luas.

Salah satu tetangga Fitri, Sulis Widayati, mengatakan kondisi Mesi saat tiba di Madiun sangat mengkhawatirkan. Badannya kurus. Para tetangga mengaku tidak tega membiarkan bayi tanpa anus itu menderita.

Para tetangga membantu sesuai kemampuan. "Alhamdulillah, saat ini donasi yang disampaikan langsung selalu ada setiap hari," kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Minggu (15/12/2019).

Sukoharjo Ranking 5 Penarik Investor di Jateng, Tapi Kok Banyak Jalan Rusak

Sulis menuturkan bantuan yang diberikan tersebut digunakan untuk membeli susu, popok, dan kebutuhan lainnya. Untuk saat ini, kata dia, belum ada perhatian dari pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten.

Dia menginformasikan kondisi Mesi saat ini sudah membaik, tetapi berat badannya tidak kunjung naik. "Katanya besok Senin mau dibantu Dinas Kesehatan untuk kontrol," katanya.

Sulis menyampaikan untuk mempermudah penyaluran donasi, saat ini sudah dibuka rekening pribadi atas nama Indria Fitri, ibunda Mesi, di Bank BRI. Nomor rekeningnya 388401030446536.

Para donatur yang ingin berdonasi bisa langsung mengirim melalui nomor rekening tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya