SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi (Dok/JIBI)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Bayi laki-laki yang diduga dibuang oleh orangtuanya, ditemukan warga Pedukuhan Tonogoro, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang sedang menangis di sebuah pos ronda, Selasa (24/6/2014) pagi.

Bayi sepanjang 47 sentimeter dan berat 2.275 gram tersebut segera dibawa ke Puskesmas Kalibawang untuk mendapatkan perawatan dan pada sore harinya dirujuk oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulonprogo ke RSUD Wates untuk memperoleh penanganan lebih intensif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Sarminto, warga setempat, tangisan bayi sudah didengar warga sekitar sejak Senin (23/6/2014) malam. Akan tetapi, tidak seorang pun berusaha mencari asal tangisan karena mengira hanya suara kucing.

Pagi harinya, suara tangisan bayi kembali terdengar yang akhirnya membuat warga bersama-sama mencari sumber suara. Dua orang pemuda setempat, Zainal Abidin dan Heri Purwanto, yang menemukan bayi yang ternyata berada di dalam pos ronda sekitar pukul 07.30 WIB.

“Setelah itu kami segera melaporkan ke perangkat desa dan membawa ke puskesmas,” jelasnya, Rabu (25/6/2014).

Saat ditemukan, bayi dalam keadaan dibedong dengan menggunakan jarik dan tidak ada tas berisi pakaian bayi maupun perlengkapan bayi lainnya.

Dokter Spesialis Anak RSUD Wates, Asri Yuni Astuti, mengungkapkan, kondisi bayi tersebut saat ini lebih baik karena sudah mendapatkan penanganan intensif di ruang perinatalogi. “Sekarang bayi terlihat lebih baik, geraknya aktif, tangisannya kuat, hanya saja reflek hisapnya kurang,” paparnya.

Dokter, kata dia, memberikan susu formula dan tiap tiga jam sekali, bayi tersebut dapat meminum 30 cc. Jika hal ini berlangsung terus menerus, maka pemberian cairan infus dapat dikurangi.

Diakuinya, berat badan bayi tersebut kurang sehingga harus dirawat di RSUD Wates terlebih dulu sampai mencapai berat normal, minimal 2.500 gram. Dari tanda-tanda fisik, seperti kondisi tali pusar, ia memperkirakan bayi tersebut berusia empat hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya