SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–Keadaan bayi kembar siam asal Gresik tergolong langka karena berjenis kelamin laki-laki. Biasanya, kembar siam yang dilahirkan berkelamin perempuan.

“Bayi kembar siam ini berkelamin laki-laki. Hal ini jarang karena biasanya kembar siam perempuan,” kata ketua tim kembar siam RSU dr Soetomo, dr Agus Harianto SpAK kepada wartawan di Instalasi Rawat Darurat (IRD) RSU dr Soetomo, Jalan Dharmawangsa, Sabtu (19/6).

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Agus menjelaskan, kembar siam yang dempet dada ini adalah bayi kembar siam ke-45 yang dirawat di RSU dr Soetomo. Bayi pasangan Aviva,27, dan Dian Pitoyo ini dilahirkan di RS Ibnu Sina, Gresik kemudian dirujuk karena bayi ini kembar siam.

Kelamin pada bayi ini juga mengalami kelainan pada ujung saluran kencingnya. Namun kelainan pada alat kelamin ini tidak membahayakan kehidupan bayi dan bisa diatasi ketika kembar siam masuk usia sekolah. “Kelainan pada alat kelamin ini tidak berbahaya dan bisa dioperasi ketika sudah masuk usia sekolah,” tambahnya.

Dikabarkan sebelumnya, sepasang bayi kembar siam dilahirkan di Gresik melalui operasi. Setelah dilahirkan kemudian dirujuk ke RSU dr Soetomo dan tiba, Jumat (18/6) pukul 18.30 WIB.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya