Bayi 4 Bulan di Kulon Progo Positif Corona, Begini Kronologinya
Ilustrasi Virus Corona (Freepik)

Solopos.com, KULON PROGO - Seorang bayi lelaki di Kulon Progo dinyatakan positif terinfeksi corona. Kini, bayi berusia empat bulan itu diisolasi di RSUD Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hal tersebut dibenarkan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo Sri Budi Utami. Bayi berusia 4 bulan yang terinfeksi corona itu dalam kondisi membaik.

Corona Wonogiri: Jekek Kesal Ada Swalayan Tak Sediakan Hand Sanitizer

"Alhamdullilah kondisinya membaik, mudah-mudahan dengan daya tahan tubuh pasien, dapat segera sembuh," ujar Sri dilansir Suara.com, Kamis (26/3/2020).

Dinkes Kulon Progo mengatakan untuk kedua orang tua bayi tersebut masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP) corona.

Sebelum terinfeksi corona, bayi empat bulan tersebut sempat mengunjungi sebuah daerah di Jateng yang terpapar virus corona atau Covid-19. Karena mengalami sesak napas dan demam, bayi tersebut dirujuk dan diisolasi di RSUD Wates pada Selasa (17/3/2020).

Ilmuwan AS: Virus Corona Bisa Jadi Siklus Musiman

"Pasien ini sudah beberapa hari di RSUD Wates, hanya saja hasil uji lab keluarnya kan baru kemarin [Rabu 25/3/2020] sehingga sebetulnya kami sudah menerapkan social distancing juga untuk keluarganya. Keluarganya juga kami pantau dan alhamdullilah patuh untuk mengisolasi diri," tegasnya.

Selain bayi berusia empat bulan itu, ada satu lagi bayi berumur 1,5 bulan positif corona di Bandung. Kini, bayi 1,5 bulan tersebut diisolasi di RS Hasan Sadikin Bandung.

Round Up Corona Jateng: Pasien Positif Naik 100 Persen

Cegah Bayi Tertular Corona

Wakil ketua tim dokter penanganan penyakit infeksi menular khusus RS Hasan Sadikin Bandung Anggraeni Alam membeberkan cara agar bayi tidak mudah terpapar virus corona.

Orang tua disarankan untuk memperhatikan kondisi bayi saat membawanya ke tempat umum. Kemudian, orang tua juga tidak mudah menyerahkan buah hatinya ke orang lain untuk digendong maupun dicium.

Sehat dan Sempat Pulang, Pasien RSUD Wonogiri Positif Corona

Selain itu, orang tua juga harus mengedepankan pola hidup sehat, yakni selalu mencuci tangan, sebelum dan sesudah menjalankan suatu aktivitas.

Untuk anak-anak bisa memungkinkan untuk menggunakan masker saat berada dalam ruangan yang sama dengan pasien flu atau ketika anak sedang sakit flu.

Jokowi Tiba, Jenazah Ibu Presiden Dibawa ke Rumah Duka

"Namun kita [orang tua] pun menggunakan masker, apabila kita yakin atau misalnya di ruangan tertutup, ada yang flu kita menggunakan demikian atau anak kita sakit juga demikian. Memakainya sulit apabila anaknya belum di edukasi. Mungkin apabila anaknya sudah di edukasi pentingnya itu menutup mulut [saat bersin atau batuk]. Kalau ada yang batuk pilek jauh-jauh, kalau di dalam lift ternyata ada yanng bersin-bersin, batuk, lebih baik kita keluar dari lift itu," ucap Anggraeni sebagaimana diinformasikan Liputan6.com, Jumat (24/1/2020).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho