SOLOPOS.COM - Gerbang Tol Bawen-Salatiga (Sumber: Liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA–Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menegaskan penerapan sistem pembayaran tol tanpa kartu atau nirsentuh tersebut bukanlah wacana, tetapi segera dilaksanakan.

“Implementasi sistem pembayaran tol tanpa kartu bukan wacana. Itu sudah terjadwal dari badan usaha pelaksana yang ditugasi Menteri PUPR untuk menjalankan sistem transaksi tol,” kata Danang kepada Bisnis, Kamis (19/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nantinya kartu tol atau e-toll card dihapus dan digantikan sistem pembayaran tol tanpa kartu elektronik atau sering disebut Multi Lane Free Flow (MLFF).

Danang menjelaskan sistem MLFF ini akan mulai diperkenalkan pada akhir 2022.

Baca Juga: Akhir 2022 Bayar Tol Tak Pakai Kartu E-Toll, Lantas Pakai Apa?

Penerapan sistem pembayaran tol tanpa kartu ini merupakan bentuk inovasi dan transformasi digital di jalan tol dengan konsep intelligent toll road system (ITRS).

“Pada akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money,” jelas Danang.

Danang mengungkapkan bahwa penerapan sistem MLFF akan disesuaikan dengan kesiapan masyarakat di lapangan.

Berbeda dengan sistem pembayaran Berbasis kartu elektronik yang saat ini digunakan, untuk metode pembayaran di Gerbang Tol (GT) MLFF akan menggunakan sistem server based.

“Pembayaran akan menggunakan sistem berbasis server,” ujarnya.

Baca Juga: Imbas Bangun Tol, Erick Thohir: Beban Utang BUMN Karya Cukup Lebar

Sistem MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di ponsel.

Pada MLFF, GPS akan digunakan untuk menentukan lokasi yang dikenali oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system.

Selanjutnya, saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Benarkah Kartu Tol Bakal Dihapus? Ini Jawaban BPJT

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya