Bayar Pajak Senilai Rp16.573, Warga Kismoyoso Boyolali Malah Dapat Hadiah Rumah

Pengundian hadiah untuk wajib pajak Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Boyolali, kembali berlangsung tahun ini.

 Penyerahan hadiah secara simbolis. (istimewa)

SOLOPOS.COM - Penyerahan hadiah secara simbolis. (istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI – Pengundian hadiah untuk wajib pajak Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Boyolali, kembali berlangsung tahun ini. Hadiah utama berupa satu unit rumah, diraih oleh warga Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak, yang memiliki tanggungan pajak sebesar Rp16.573.

PromosiRendahnya Kesadaran Wong Jateng untuk Pakai Helm Saat Berkendara

Penerima hadiah rumah adalah Suraji, warga Boyolali yang beralamat di Dukuh Gambirsari, Desa Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak. Sedangkan untuk hadiah satu unit mobil berhasil diraih oleh Jiarto, warga Dukuh Balangan, Desa Randusari, Kecamatan Teras. Jiarto merupakan wajib pajak dengan besaran tanggungan pajak sebesar Rp103.211.

Pengundian hadiah PBB-P2 2021 Kabupaten Boyolali telah dilaksanakan pada Sabtu (21/8/2021) secara virtual. Pengundian dilakukan secara terbuka oleh karyawan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Boyolali yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Diskominfo Boyolali.

Baca Juga: Banjir Rob Menggenangi Sekolah, Aktivitas Belajar Terganggu

Kepala BKD Kabupaten Boyolali, Purwanto, mengatakan pajak merupakan tonggak pembangunan, sehingga masyarakat harus taat dan bijak membayar pajak. Terlebih pembayaran pajak saat ini, menurutnya, sudah ada banyak kemudahan. Dia berharap, pengundian hadiah PBB-P2 tersebut mampu memberikan penghargaan kepada masyarakat untuk taat dalam membayar pajak.

“Tujuan kami adalah memberi motivasi kepada masyarakat wajib pajak PBB-P2 untuk membayar pajak tepat waktu sesuai ketetuan dan membangun masyarakat taat akan pajak,” kata Purwanto dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (23/8/2021).

Menurutnya, animo masyarakat Boyolali dalam membayar pajak cukup tinggi pada tahun ini. Terbukti dengan 95 desa dan empat kecamatan yang sudah lunas PBB-P2 sebelum 30 Juni 2021. Serta 64,34% Nomor Wajib Pajak (NOP) yang sudah berhak mengikuti pengundian. “Jumlah NOP yang berhak mengikuti undian ada 353.898 atau 64,34% dari total NOP sejumlah 550.012,” lanjut dia.

Untuk hadiah undian yang disalurkan tahun ini di antaranya satu unit rumah tipe 45/68 pada tingkat kabupaten, satu unit mobil Avanza Type 1.3E M/T untuk tingkat kabupaten, 39 unit sepeda motor Honda Beat CBS untuk tingkat kecamatan, 17 telepon seluler merk Samsung A12 untuk tingkat kecamatan dan 95 televisi 32 inch bagi desa yang telah melunasi wajib pajak sebelum 30 Juni 2021.

Baca Juga: Tesla Belum Terkalahkan Rajai Penjualan EV Global

Untuk memenuhi target PBB-P2 tahun 2021 sebesar Rp 38 miliar, pihaknya menyiapkan sejumlah hadiah dengan total senilai Rp 1,3 miliar. Dari target sebesar Rp38 miliar tersebut, hingga 30 Juni 2021 telah tercapai Rp28.963.202.436 atau 76,22%.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, berharap dengan adanya hadiah undian itu dapat memotivasi masyarakat Boyolali untuk membayar pajak. “Tetap semangat dengan kesadaran kita bersama untuk membayar pajak. Pembangunan di Kabupaten Boyolali ini akan dapat berjalan dengan baik dan lancar di kemudian hari. Salam Metal untuk untuk warga masyarakat Boyolali,” kata Said. Lebih lanjut Said, mengatakan pemenang hadiah undian tidak perlu membayar pajak hadiah, sebab sudah ditanggung oleh pemerintah.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

+ PLUS Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

Pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi menemukan momentum tepat. Segregasi sosial dan pertentangan luas di masyarakat akibat politik identitas pada 2017 dan 2019 tidak boleh terulang pada 2024.

Berita Terkini

Tepergok Curi Kotak Amal di Sukoharjo, Pria Matesih Diamankan Polisi

Setelah diinterogasi oleh saksi, pelaku kemudian mengakui telah nekat mencuri kotak amal masjid.

Gibran Ingin Sentra IKM Pasar Mebel Gilingan Solo Dibikin Seperti IKEA

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ingin agar sentra IKM di lahan Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, bisa dibangun menjadi seperti IKEA.

Desa Wisata di Klaten Harus Bersinergi, Jangan Saling Bunuh

Setiap desa yang memperoleh SK Bupati Klaten dapat menjadi pelopor pengembangan wisata di desa dan di sekitar desa.

Giliran Partai Gerindra Sragen Laporan Edy Mulyadi ke Polisi

Anggota DPRD dan pengurus DPC Partai Gerindra Sragen melaporkan Edy Mulyadi ke Polres Sragen dengan tuduhan menghinda dan mencemarkan nama baik Prabowo Subianto.

Tenaga Honorer akan Dihapus, Jekek: Wonogiri Sebenarnya Masih Butuh

Bupati Joko Sutopo mengatakan peran tenaga honorer sangat membantu organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyelesaikan berbagai tugas.

Roadshow dan Podcast, Upaya Bawaslu Boyolali Ajak Warga Awasi Pemilu

Selain menyosialiasikan lewat media sosial yang dimiliki Bawaslu Boyolali, ada program lain bagi pemilih pemula seperti Bawaslu Goes to School atau roadshow ke sekolah-sekolah.

Ini Detik-Detik 2 Pemotor Terperosok Jembatan Ambrol di Kedawung Sragen

Seorang pedagang sayur dan pengguna jalan terjungkal di Jembatan Dungluwak yang ambrol pada Jumat (28/1/2022) dini hari WIB.

2 Perempuan Diduga PSK Online Ditangkap di Solo, Salah Satunya ABG

Dua perempuan diduga pekerja seks komersial atau PSK online tertangkap bersama teman kencan mereka di salah satu rumah indekos kawasan Serengan, Solo.

Ini Aturan yang Bikin Tenaga Honorer Ketir-Ketir akan Nasib Mereka

Pemerintah mengeluarkan PP No 49/2018 tentang Manajemen PPPK yang mengatur penghapusan tenaga honorer.

Perusahaan Listrik Pertama Indonesia Ada di Solo?

Perusahaan listrik swasta yang didirikan pihak Kadipaten Mangkunegaran yang berbasis di Kota Solo, Jawa Tengah, menjadi salah satu yang tertua di Indonesia.

Ambyar... Pagar Tembok SMAN 1 Kemusu Boyolali Jebol Diterjang Banjir

Hujan deras berlangsung lebih dari dua jam, air yang awalnya tertahan akhirnya mampu menjebol pagar SMAN 1 Kemusu yang terbuat dari tembok.

Pemkab Sragen Tanggung Biaya Pengobatan Korban Jembatan Ambrol

Dua orang jadi korban Jembatan Dluwek di Kedawung, Sragen, yang ambrol. Pemkab Sragen akan menanggung biaya pengobatan kedua korban.

Asal Usul Sejarah Palur, Bermula dari Gazebo di Pertigaan Jalan

Berikut ini cerita asal usul dan sejarah dari Desa Palur yang ternyata ada kaitannya dengan gazebo di pertigaan jalan dan Mbah Mbenggol.

Kisah Kiai Konang, Senopati Majapahit Jadi Asal Usul Bekonang

Sosok Kiai Konang, senopati Kerajaan Majapahit, konon berkaitan dengan sejarah asal-usul Desa Bekonang di Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kantor J&T Cargo Masaran Sragen Dibobol Maling, Ini Nopol Motor Pelaku

Kantor J&T Cargo di Masaran, Sragen dibobol maling. Aksi pelaku terekam kamera CCTV.

Jembatan Dungluwak Sragen Amblek, 2 Pengendara Motor Jadi Korban

Jembatan Dungluwak di Desa Celep, Kedawung, Sragen amblek, Jumat (28/1/2022), pukul 02.30 WIB sehingga mengakibatkan dua orang pengendara motor menjadi korban.