SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan proses divestasi saham PT Freeport Indonesia ke PT Inalum (Persero) sebesar 51,23% telah rampung. Hal ini mengakhiri proses panjang upaya Indonesia menguasai mayoritas saham perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu.

“Saya baru saja menerima laporan dari seluruh menteri yang terkait dari Dirut [direktur utama] PT Inalum dan dari CEO dan dari Dirut PT Freeport McMoran. Disampaikan bahwa saham PT Freeport sudah 51,2% sudah beralih ke PT Inalum dan sudah lunas dibayar,” kata Jokowi saat memberikan keterangan resmi di Istana Merdeka, Jumat (21/12/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, penyelesaian proses divestasi saham Freeport merupakan momen bersejarah bagi Indonesia sejak perusahaan ini mulai beroperasi di Tanah Air pada 1973 itu. Jokowi berharap kepemilikan saham mayoritas oleh PT Inalum bisa digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Tak hanya itu, Jokowi juga menambahkan masyarakat Papua melalui pemerintah provinsi dan pemerintah daerah akan mendapatkan 10% dari saham yang telah diakuisisi oleh PT Inalum.

“Saya mendapat laporan terkait lingkungan yang berkaitan dengan smelter telah terselesaikan dan sudah disepakati. Artinya semuanya sudah komplet dan tinggal bekerja saja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya