SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Dugaan pelanggaran yang dilakukan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara karena menanyakan siapa yang menggaji seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) telah diputus Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Hasilnya, aduan itu tidak dapat ditindaklanjuti.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan bahwa laporan dengan nomor 12/LP/PP/RI/00.00/II/2019 tidak ditemukan sebuah pelanggaran. “Berdasarkan hasil penelitian dan pemeriksaan terhadap laporan yang masuk dan hasil kajian pengawas pemilu, diberitahukan status laporan tidak dapat ditindaklanjuti dengan alasan tidak memenuhi unsur tindak pidana pemilu,” katanya berdasarkan surat putusan yang diterbitkan, Jumat (22/2/2019).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Sebelumnya Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) melaporkan Rudiantara terkait video viral #YangGajiKamuSiapa ke Bawaslu pada Jumat (1/2/2019) lalu. Anggota ACTA Yeyet Nurhayati yakin bahwa Menkominfo terindikasi melakukan pelanggaran pemilu.

Ekspedisi Mudik 2024

#YangGajiKamuSiapa mencuat ketika acara sosialisasi informasi Pemilu yang digelar Kominfo, Kamis (31/1/2019), di Hall Basket Senayan. Di acara itu, Rudiantara mengatakan pemilihan desain sosialisasi Pemilu 2019 tidak terkait Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

Rudiantara pun menyuruh audience memilih 1 atau 2. Kemudian Rudiantara pun mengatakan yang nyoblos nomor 2 maju ke depan. Lalu seorang ASN yang memilih desain nomor 2 maju dan Rudiantara menanyakan alasan pilihan perempuan tersebut.

ASN tersebut mengatakan, “Bismillahhirrahmanirrahim, mungkin terkait keyakinan saja Pak. Keyakinan atas visi misi yang disampaikan nomor dua, yakin saja”.

Rudiantara kemudian menegaskan bahwa pertanyaannya menyangkut desain stiker dan bukan Pilpres 2019. Setelah itu, dia memanggil orang lain yang memilih desain 1. Orang itu kemudian menjawab desain stiker 1 lebih cerah.

“Saya terima alasan yang nomor 1, tapi saya tidak bisa terima alasan nomor 2. Mohon maaf, Ibu tidak bicara mengenai desain, terima kasih Bu, terima kasih,” ucapnya. Rudiantara mempersilakan dua pegawai itu turun dari panggung.

Namun saat keduanya sedang berjalan, dia memanggil kembali pegawai yang memilih desain stiker nomor 2. “Bu, Bu, yang bayar gaji Ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa?” tanya Rudiantara.

Pegawai itu pun menjawab. Rudiantara kemudian menimpali. “Bukan yang keyakinan Ibu? Ya sudah, makasih.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya