Bawaslu Wonogiri Butuh 150 Anggota Panwascam untuk Pemilu 2024

Panwascam akan bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilu 2024 di wilayah kecamatan sejak tahapan verifikasi faktual partai politik oleh KPU hingga dua bulan setelah pemungutan suara pemilu 2024 selesai.

 Kantor Bawaslu Wonogiri Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Selasa(9/9/2022). Bawaslu Wonogiri membuka rekrutmen panwascam pemilu 2024. Sebanyak 150 panwascan akan direkrut Bawaslu Wonogiri yang akan disebar di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

SOLOPOS.COM - Kantor Bawaslu Wonogiri Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Selasa(9/9/2022). Bawaslu Wonogiri membuka rekrutmen panwascam pemilu 2024. Sebanyak 150 panwascan akan direkrut Bawaslu Wonogiri yang akan disebar di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI —Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Wonogiri membuka lowongan panitia pengawasan pemilu kecamatan (Panwascam). Panwascam akan bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di wilayah kecamatan.

Ketua Bawaslu Wonogiri, Ali Mahbub, melalui Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi Bawaslu Wonogiri, Isnawanti Sholihah, mengatakan Bawaslu Wonogiri membuka perekrutan Panwascam lantaran keterbatasan jumlah personel di Bawaslu Wonogiri.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Keberadaan Panwascam wajib ada pada penyelenggaraan pemilu. Panwascam akan bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilu 2024 di wilayah kecamatan sejak tahapan verifikasi faktual partai politik oleh KPU hingga dua bulan setelah pemungutan suara pemilu 2024 selesai.

“Dengan keterbatasan personel Bawaslu Wonogiri, kami tidak mungkin melakukan pengawasan di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Oleh karena itu, Panwascam itu nanti membantu tugas Bawaslu untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu,” kata Isnawanti saat ditemui Solopos.com di Kantor Bawaslu Wonogiri, Selasa (13/9/2022).

Dia menambahkan Bawaslu tidak hanya merekrut Panwascam, melainkan juga panitia pengawas pemilu desa saat atau panwasdes. Hanya, saat ini yang paling krusial dan segera dibentuk adalah Panwascam. Hal itu karena tahapan pemilu akan memasuki tahapan verifikasi parpol sebagai peserta Pemilu 2024.

“Pada tahap verifikasi faktual, mau tidak mau Bawaslu harus mengawasi kegiatan verifikasi faktual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (umum). Sesuai tahapan, Panwascam dibentuk satu bulan sebelum pembentukan panitia pemilihan kecamatan [PPK] oleh KPU,” ujar dia.

Bawaslu Wonogiri akan merektrut Panwascam sebanyak 150 orang yang akan tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Setiap kecamatan akan diisi sebanyak enam anggota Panwascam.

“Kebutuhan kami dua kali dari kebutuhan yang ada. Yang ditetapkan sebagai Panwascam di tiap kecamatan adalah tiga orang. Sementara tiga yang lain menjadi daftar PAW [pengganti antarwaktu],” ucapnya.

Lebih lanjut, ada beberapa tugas Panwascam. Pertama, mengelola, memelihara, dan merawat arsip pemilu. Kedua, mengawasi pelaksanaan sosialiasi pemilu. Ketiga, mengevaluasi pengawasan pemilu di wilayah kecamatan

“Tugas intinya, mencegah dan menindak pelanggaran pemilu. Selain itu, mereka bertugas mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu di wilayah kecamatan, mencegah praktik politik uang, mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang terlibat kegiatan kampanye dan mengawasi putusan dan keputusan pengadilan tentang pemilu” kata Isnawanti.

Dia melanjutkan untuk menjadi panwascam harus mendaftar dan mengikuti tahapan seleksi. Tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, tes tertulis berbasis komputer, dan wawancara. Pendaftaran dibuka pada 21-27 September 2022. Sementara penetapan calon panwascam ditentukan pada 25 Oktober 2022.

“Panwascam bukan pekerja paruh waktu, melainkan penuh waktu. Jadi ini ini tidak bisa jadi pekerjaan sampingan. Panwascam harus siap on call sewaktu-waktu ketika ada laporan pelanggaran pemilu,” tambah dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Harga Kedelai Melambung, Bakul Tahu di Sragen Mengeluh

      Para bakul tahu di Sragen terpaksa harus mengurangi ukuran tahu agar bisa mendapatkan laba meskipun para pembeli juga mengeluh.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Ganti Musim, BPBD Karanganyar: Waspada Bencana Alam

      Hujan dengan intensitas rendah, sedang, hingga lebat sudah terjadi di wilayah Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

      Sudah Musim Penghujan, BPBD Sragen Masih Lakukan Dropping Air

      Kepala BPBD Sragen, Agus Cahyono, mengatakan dropping air dilakukan di wilayah sisi utara Bengawan Solo.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak di sini.

      Ustaz Adi Hidayat akan Isi Pengajian Muktamar Muhammadiyah Solo Akhir Pekan Ini

      Tabligh Akbar itu bakal diikuti warga persyarikatan Muhammadiyah se-Soloraya secara daring dan luring. Diperkirakan ada 100.000 jemaah yang bakal mengikuti acara.

      Agenda Solo Hari Ini: Fashion Show By Sosialita di SBF, Krenova di STP

      Agenda Kota Solo hari ini, Rabu (5/10/2022), akan ada Fashion Show By Sosialita di Solo Batik Fashion, Krenova Subosukawonosraten di Solo Technopark dan wayang orang di GWO Sriwedari.

      Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

      Stok vaksin Covid-19 di Solo habis sejak awal Oktober dan sudah mengajukan stok ke Dinkes Jateng

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.