SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Temanggung mengamankan belasan amplop berisi uang pecahan Rp50.000 dan ‎gambar calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Temanggung.

“Kami amankan dari seorang warga yang dititipi untuk membagikan amplop-amplop berisi uang tersebut,” ungkap Ketua Bawaslu Temanggung Erwin Nurrachmani, Selasa (16/4/2019).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Ia menyebutkan terdapat 11 amplop berisi masing-masing uang Rp50.000 yang disertai gambar seorang caleg DPRD Temanggung daerah pemilihan (Dapil) V yang meliputi Kecamatan Kandangan dan Kedu. Selain ke-11 amplop, katanya, juga terdapat lima lembar uang Rp50.000 tanpa amplop dan juga disertai gambar.

“Sebetulnya ada 18, 11 sudah dimasukkan dalam amplop, lima lembar uang lainnya belum dimasukkan amplop dan dua lembar lagi uang Rp50.000 tetapi sudah habis digunakan oleh orang yang dititipi, di mana dari dia kami sita amplop-amplop tersebut,” ungkapnya.

Disinggung mengenai identitas caleg dan dari mana partai yang bersangkutan berasal, Erwin enggan bersikap transparan sehingga ia tetap membuka kesempatan kepada terduga pelaku money politics atau politik uang itu untuk terpilih sebagai wakil rakyat. “Yang jelas, akan kami berikan teguran kepada yang bersangkutan melalui partainya,” kilahnya.

Menurut dia penemuan ini belum bisa dijerat pidana pemilu, terkait praktik politik uang, karena tahapan dan unsur-unsur praktik politik uang belum sepenuhnya terlaksana. “Uang belum sempat dibagikan, jadi belum bisa dijerat pidana, karena rangkaian peristiwanya belum sempurna,” imbuhnya.

Ia menuturkan langkah yang diambil Bawaslu kabupaten Temanggung adalah mengamankan barang-barang yang disita tersebut. Selanjutnya, nanti akan dikembalikan kepada orang, dari mana barang tersebut disita. “Setelah selesai proses pemilu, nanti kami kembalikan kepada orang yang darinya kami mengamankan amplop dan uang ini. Bukan kepada caleg yang gambarnya tertera dalam amplop,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya