Bawang Merah Langka dan Mahal di Boyolali, Kulakan Pun Harus Rebutan

Pedagang mengaku untuk mendapatkan bawang merah juga penuh dengan perjuangan.

 Pedagang sayur, Marni, 47, menata dagangannya di Pasar Boyolali Kota, Kamis (30/6/2022). (Solopos/Ni'matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Pedagang sayur, Marni, 47, menata dagangannya di Pasar Boyolali Kota, Kamis (30/6/2022). (Solopos/Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Harga bawang merah melejit membuat stok komoditas tersebut langka di Pasar Boyolali Kota pada Kamis (30/6/2022). Bahkan, para pedagang mengaku dilema saat akan kulakan bawang merah untuk dijual lagi.

Pedagang di Pasar Boyolali Kota, Marni, 47, mengatakan dirinya membawa dagangan lebih sedikit karena sayur-mayur yang susah dicari, termasuk bawang merah. “Bawang merah ini naiknya kebangetan terus carinya juga susah karena rebutan dengan pedagang lain. Sudah setengah bulan saya enggak jualan bawang merah,” terang dia, Kamis.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Marni mengungkapkan harga bawang merah Brebes di Pasar Induk Cepogo mencapai Rp60.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga bawang merah Cepogo mencapai Rp50.000 per kilogram.

“Normalnya sih kalau bawang merah Cepogo Rp25.000 per kilogram. Kalau yang Brebes itu Rp40.000 per kilogram,” kata dia.

Pedagang lainnya di Pasar Boyolali Kota, Sumar, 28, saat berbincang dengan Solopos.com di lapaknya, Kamis pagi, mengungkapkan keresahan serupa.

Baca juga: Pasar Hewan di Boyolali Kapan Dibuka Lagi? Ini Jawaban Bupati Said

“Kami enggak berani spekulasi, misal kami beli dari sana harganya yang bawang merah Cepogo sudah Rp50.000 per kilogram. Kalau dari sana segitu, mau saya jual berapa? Ya kalau pembeli mau beli dengan harga mahal, kalau enggak ya nanti busuk,” kata dia.

Sumar mengatakan untuk harga jual normal bawang merah Cepogo berkisar Rp22.000 per kilogram. Akibat mahalnya harga barang, ia memilih tidak berjualan bawang merah selama hampir setengah bulan.

Khusus Pelanggan yang Memesan

Ia mengaku hanya membawakan bawang merah untuk pelanggannya yang sudah memesan via WhatsApp terlebih dahulu. Dan mereka, kata Sumar, lebih memilih membeli bawang merah asal Brebes.

Baca juga: Harga Bawang Merah Naik Turun Cepat, Ini Harapan Petani Selo Boyolali

“Harganya hanya kacek [selisih] sedikit. Itupun tidak banyak, dulu bisa sehari 20 kilogram, 10 kilogram dijual di lapak, 10 kilogram pesanan orang. Sekarang bawa dua kilogram bawang merah aja hanya pesanan, itu juga tidak tiap hari,” kata dia.

Sumar juga mengaku untuk mendapatkan bawang merah juga penuh dengan perjuangan. Ia mengaku hari Kamis ini ia sampai di lapaknya pukul 06.30 WIB karena rebutan dengan pedagang lain.

“Biasanya saya sampai sini jam 05.00 WIB, tapi rebutan sayur sama pedagang lain. Enggak cuma bawang merah, tapi juga cabai, wortel, semuanya naik. Jadi kondisinya barang langka jadi pedagang kulakannya rebutan,” kata dia.

Baca juga: Harga Sayur di Boyolali Melejit Gegara Petani Lereng Merapi Gagal Panen

Ia mengatakan karena tingginya harga sayur, ia membawa stok cabai dan wortel lebih sedikit. Biasanya ia membawa stok cabai rawit 20 kilogram dan cabai keriting 20 kilogram. Namun, Kamis ini ia mengaku hanya membawa lima kilogram cabai rawit dan lima kilogram cabai keriting. Itupun, kata Sumar, sudah dipesan terlebih dulu oleh pembeli.

“Wortel juga, harganya naik dari Rp5.000 ke Rp11.000 per kilogram. Saya biasanya bawa 50 kilogram lebih, tapi ini hanya bawa 30 kilogram karena sudah pesanan,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Terminal Tirtonadi Solo Lepas 77 Balon, Ada Voucer Uang Tunainya Lho

      Terminal Tirtonadi Solo merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan melepas 77 balon merah putih dan 10 di antaranya ditempeli voucer uang tunai.

      HUT RI, Ada Upacara di Bawah Permukaan Air di Umbul Ponggok Klaten

      Belasan orang menggelar upacara bendera di bawah permukaan air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Rabu (17/8/2022).

      81 Napi Rutan Boyolali Dapat Remisi, Pengurangan Terbanyak 5 Bulan

      Sebanyak 81 narapidana (napi) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Boyolali mendapatkan remisi bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022) siang.

      Kecelakaan 2 Motor Berbenturan di Ngarum Sragen, 1 Orang Meninggal

      Satu orang meninggal akibat kecelakaan dua sepeda motor berbenturan di Ngarum, Ngrampal, Sragen, Rabu (17/8/2022)

      Bermula Bakar Sampah, Lahan di Kebun Kosong Wonosari Klaten Terbakar

      Peristiwa kebakaran lahan kembali terjadi di Klaten.

      Wow! Seniman Boyolali Pamer Wayang dan Kain Merah Putih Raksasa

      Para seniman di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali menggelar pawai budaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

      Harga Perumahan di Wonogiri Masih Ada yang Murah Meriah Lo

      Wonogiri terus menjadi kawasan berkembang.

      Bursa Lukisan Perpusda Boyolali Jual Karya Mulai Rp500.000, Yuk Dibeli

      Komunitas seni Sapu Gerang Boyolali menggelar bursa lukisan di area parkir Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Boyolali selama sepekan, Sabtu-Sabtu (13-20/8/2022).

      Komandan Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo: Momen Perbaikan Citra

      Komandan upacara yang juga alumnus Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Ilham Muhajirin, 19, mengatakan upacara HUT Ke-77 RI menjadi perayaan ulang tahun ke-50 sekaligus momen perbaikan citra ponpes.

      Khidmat, Malam Tirakatan HUT ke-77 RI di RT 002 Klodran Indah Colomadu

      Pelaksanaan Malam Tirakatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di RT 002/RW 009 Perumahan Klodran Indah Colomadu Karanganyar berlangsung khidmat yang digelar secara offline.

      87 Penumpang Naik KRL Solo Balapan-Palur pada Hari Pertama Uji Coba

      KRL lintas Solo Balapan-Palur akhirnya mulai beroperasi tepat pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      7 Napi di LP Kelas II B Wonogiri Bebas saat HUT ke-77 RI

      Sebanyak 217 warga binaan pemasyarakatan (WBP) LP Kelas II B Wonogiri mendapat remisi kemerdekaan saat perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Kali Pertama, Siapa Pencetus Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo?

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia pertama di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

      Mangkunegaran di Tengah Sejarah Perkeretaapian Indonesia

      Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

      HUT RI, Kegagalan Paskibra Solo Terbayar Lunas saat Penurunan Bendera

      Para anggota Paskibra Solo membayar lunas kegagalan mereka dengan keberhasilan pada upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari.