SOLOPOS.COM - Ilustrasi bau mulut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bau mulut saat berpuasa memang cenderung membuat kita merasa tak nyaman. Agar ibadah puasa di Bulan Ramadan dan interaksi dengan orang-orang di sekitar berjalan lancar, simak ulasan merawat kesehatan gigi dan mulut di info sehat kali ini.

Masalah ini bukan hanya bikin tak nyaman, melainkan juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Terutama jika pekerjaan menuntut Anda untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Tidak makan dan minum selama berjam-jam menyebabkan mulut kering, yang pada akhirnya menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Namun jangan khawatir, untuk menjaga rasa percaya diri Anda selama bulan puasa Ramadan, temukan di sini cara menghilangkan bau mulut saat puasa berikut cara-cara agar mulut tidak bau saat puasa.

Sebelum mengetahui cara mencegah bau mulut saat berpuasa, ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya? Dikutip dari tanyapepsodent.com pada Rabu (29/3/2023), ketika berpuasa, tidak adanya asupan makanan atau minuman untuk dikunyah dan diproses di dalam mulut menyebabkan berkurangnya produksi ar liur.

Sementara air liur yang secara alami berguna untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut karena air liur mengandung enzim anti-bakteri alami. Untuk bahasan lebih jauh, Anda dapat membaca artikel penyebab-penyebab bau mulut dan cara mengatasinya .

Berikut ini sejumlah cara yang bisa Anda mencoba agar tidak muncul bau mulut saat berpuasa :

1. Sikat gigi

Menyikat gigi adalah langkah paling dasar dari cara agar tidak bau mulut saat puasa. Setelah sahur, sikat gigi secara menyeluruh dengan Teknik yang benar untuk mencegah sisa makanan menyangkut di sela-sela gigi.

2. Berkumur dengan mouthwash

Mouthwash dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut dan menyegarkan napas Anda. Anda bisa menggunakan mouthwash tanpa alkohol seperti dengan formulasi tanpa alkohol, efektif membantu melawan bakteri dan memberikan rasa yang nyaman di mulut.

3. Bersihkan lidah

Jangan lupakan lidah ketika menyikat gigi! Lidah juga merupakan tempat berkumpulnya bakteri. Bersihkan lidah Anda dengan alat pembersih lidah. Cukup gunakan air dan jagalah alat pembersih lidah Anda tetap higienis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya