SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL: Orang miskin di Bantul tak perlu takut putus sekolah lantaran tak punya uang. Jika di Kota Jogja ada Kartu Menuju Sejahtera (KMS), di Bantul ada bantuan pendidikan dari pemerintah daerah yang mencapai Rp3,5 miliar.

Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Kesi Irawati mengatakan, meski pemerintah pusat telah memberikan bantuan operasional sekolah (BOS), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memiliki progam bantuan pendidikan selama 12 tahun.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

“Jadi tak perlu khawatir. Ketika ada pendaftaran penerimaan anak didik baru (PPDB) manfaatkan peluang itu. Jika tak kuat membayar, bawa tagihan sekolah ke dinas sosial,” ujar dia saat ditemui Harian Jogja, Selasa (21/6).

Kendati demikian, jumlah anggaran dari Pemkab itu sangat terbatas. Dari awal program tersebut dikelola dinas sosial pada 2009 jumlah siswa yang mengajukan proposal bantuan pendidikan selalu mengalami peningkatan.

Pada 2009, jumlah proposal yang masuk dan telah dicairkan sebanyak 5.700, dan pada 2010 sebanyak 7.200 proposal. Adapun hingga pertengahan tahun ini sudah 4.700 proposal yang dicairkan.(Harian Jogja/Andreas Tri Pamungkas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya