SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO-Batuk kelihatannya sepele, tapi kenyataannya sangat mengganggu aktivitas. Nah, bagi Anda yang sedang menderita batu, tak ada salahnya mencoba mengobatinya dengan ramuan alami.

Salah seorang praktisi herbal di Karanganyar, Iin Ilhami, menawarkan alternatif obat rumahan. Namun harus diketahui dulu secara pasti apa penyebab batuk dan jenisnya. “Jenis batuk ada yang disebut batuk kering yang tidak berdahak dan batuk berdahak. Pada batuk kering penyababnya karena tingginya asam lambung,” ujar dia ditemui di tempat praktiknya di Jl. Perintis Kemerdekaan Nomor 10, Karanganyar, Minggu (16/9)/2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia jika ingin mengobati batuk kering tersebut bisa dibuat racikan dari bahan-bahan herbal yang mudah didapat di desa. Bahan yang bisa diracik adalah kencur, biji adas, jahe dan jeruk nipis.

Ekspedisi Mudik 2024

Komposisinya, ujar dia, kencur sebesar 1 jari, jahe setengah jari,  biji adas 1 jimpit,  dan jeruk nipis dibelah jadi dua. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu seluruh bahan yang diperlukan diletakkan pada gelas. Setelah itu, tuangi ramuan tersebut dengan air mendidih. Tunggu beberapa saat agar zat yang bermanfaat dalam bahan-bahan tersebut bereaksi.

Agar rasa racikan enak dikonsumsi bisa ditamgahkan tiga sendok makan madu atau gula pasir secukupnya. Setelah kira-kira 25 menit atau sudah agak berkurang panasnya, sebaiknya segera dikonsumsi. Dengan demikian sifat racikan yang ada jeruk nipisnya masih bersifat basa sehingga berkhasiat meredakan batuk tersebut. Dengan kondisi panas tersebut diharapkan mampu mengeluarkan dahak yang ada di dalam.

“Tapi kalau racikan itu dikonsumsi dalam keadaan dingin maka sifat racikan menjadi asam. Dengan demikian kurang maksimal untuk meredakan batuk,” papar Iin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya