SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, PEKANBARU — Sebongkah batu besar yang beratnya diperkirakan 100 ton menutup setengah ruas Jalan Lintas Sumatra akibat longsor. Kejadian ini nyaris melumpuhkan arus lalu lintas antara Riau-Sumatera Barat.

Batu itu tergeletak begitu saja di jalan di Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau, yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Kota Pekanbaru, sejak beberapa saat lalu. Batu cadas setinggi 5 meter itu masih belum bisa disingkirkan seluruhnya dari badan jalan.
Warga setempat mengatakan longsor terjadi pada Kamis malam (3/4/2014), saat terjadi hujan deras mengguyur daerah itu. Tebing batu disekitar lokasi juga terlihat rawan untuk kembali longsor apabila turun hujan.
Proses pembersihan menggunakan dua alat berat Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Riau juga terlihat lamban karena hanya mengandalkan satu eskavator yang tampak kesulitan untuk memecah batu cadas tersebut. Sedangkan satu alat berat jenis loader hanya bisa menyingkirkan tanah dan batu ukuran kecil.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Alat eskavator hanya bisa mengikis batu dengan perlahan sehingga memakan waktu lama untuk menyingkirkannya dari badan jalan. “Kalau dilihat dari batunya yang sangat besar ini beratnya bisa lebih dari 100 ton, tidak mungkin bisa cepat selesai kalau hanya dengan dua alat berat. Bisa sampai seminggu untuk mengerjakan satu batu besar itu,” kata seorang warga sekitar, Amer, 40.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya