SOLOPOS.COM - Penampakan batu sungai misterius yang berukir mirip tulisan di Klaten. (Detik.com)

Solopos.com, KLATEN – Sebuah batu dengan ukiran misterius ditemukan di dekat aliran sungai di persawahan Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah.

Lokasi penemuan batu tersebut berada di dekat sungai di kawasan Desa Soropaten, Karanganom. Saat ini batu tersebut telah diserahkan kepada pihak Dispora Klaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Batu itu ditemukan di persawahan. Posisinya dekat sungai sudah beberapa waktu yang lalu," kata Kades Soropaten, Kecamatan Karanganom, Sri Wigati, pada detikcom, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Air Darah di Pundungrejo Sukooharjo Diduga Muncul dari Sini...

Wigati menjelaskan batu misterius itu ditemukan tanpa sengaja setelah petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) mengecek temuan batu yang diduga cagar budaya di persawahan Dusun Lumbang Dungik, Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom, Klaten. Karena dinilai unik, warga menyerahkan batu misterius tersebut.

"Batu diserahkan warga ke dinas beberapa waktu lalu. Yang membawa penemuan batu itu antara Yuniarto Widodo, Margono, A?us Purwonugroho dan Darmo Mulyono," lanjut Wigati.

Baca juga: Waduk Cengklik Park Boyolali Dibuka, Ada Kampung Sakura di Dalamnya

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten, Yuli Budi Susilowati, mengatakan batu itu telah diserahkan oleh warga beberapa waktu lalu. Batu itu ditemukan di sekitar lokasi yang diduga dekat dengan temuan benda cagar budaya.

"Batu itu ditemukan di dekat lokasi yang pernah kita cek. Lokasi ditemukannya batu itu sebuah gumuk (gundukan tanah)," jelas Yuli saat ditemui detikcom di kantornya.

Batu misterius yang ditemukan di Klaten itu berwarna putih kekuningan. Ukurannya sebesar buah kelapa dengan permukaan kasar dan berbentuk lonjong. Pada batu itu terlihat goresan seperti angka delapan. Ada juga garis-garis tegak mirip lekukan huruf S.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya