BATU AKIK PACITAN : Ingin Tahu Pusat Pasar Batu Akik Pacitan, Baca Ini Dulu

BATU AKIK PACITAN : Ingin Tahu Pusat Pasar Batu Akik Pacitan, Baca Ini Dulu

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pameran batu mulia (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Batu akik Pacitan memiliki ciri khas. Ingin tahu pusat pasar batu mulia asal Kota Seribu Satu Gua itu?

Solopos.com, PACITAN – Ini kabar gembira bagi pecinta batu akik Pacitan. Tak perlu jauh-jauh mendapatkan batu mulia kesukaan, penghobi batu kini cukup datang ke tribun alun-alun kota setempat.

 

Mulai Minggu (10/5/2015), lokasi di ruas Jl Imam Bonjol beralih fungsi menjadi pasar batu akik. Hanya saja, pusat niaga itu baru dibuka sepekan sekali tiap hari Minggu.

 

"Waktunya sengaja kita pilih bersamaan kegiatan Car Free Day, sehingga tanpa promosi pun masyarakat tahu dengan sendirinya," kata Sunaryo, salah seorang penggagas kegiatan kepada detikcom di sela keramaian pengunjung.

 

Sunaryo menyatakan, keinginan menggelar pasar akik dilandasi kenyataan banyaknya pengrajin serta potensi produk yang mereka hasilkan. Sayangnya, sistem pemasarannya belum terpadu. Lokasinya pun tersebar di sejumlah tempat sehingga tidak mudah dijangkau terutama bagi peminat luar daerah.

 

Melalui gelaran pasar akik mingguan ini diharapkan akan tercipta keterpaduan antara potensi dengan sumberdaya manusia di bidang batu mulia. Apalagi pamor batu mulia asal Kota 1001 Gua tidak diragukan lagi. Ini terbukti kesuskesan hasil sentuhan tangan-tangan dingin pengrajin Pacitan dalam kontes di sejumlah daerah.

 

"Teman-teman termotivasi bagaimana jika potensi dan SDM ini kita padukan. Terus kita sampaikan kepada bapak bupati, ternyata beliau sangat mendukung," tambah Sunaryo yang juga menyukai sepeda kuno.

 

Pantauan detikcom hingga pukul 09.00 WIB, puluhan pedagang masih membuka lapak di lantai tribun berukuran 10 x 5 meter. Uniknya, tak hanya menjajakan produk jadi seperti cincin maupun liontin, bahan baku dari beragam jenis batu pun tampak dijual.

 

Suasana makin meriah karena banyak peserta Car Free Day yang sengaja mampir untuk melihat-lihat. Mereka sekaligus menikmati sarapan nasi bungkus yang dijual di salah satu lapak.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sudah Pakai Deodoran, Kok Bau Badan Masih Tak Sedap?

Pakai deodoran biasanya untuk mengatasi bau badan tak sedap.

Tak Hanya Berenang, Pengunjung Umbul Manten Klaten Juga Bisa Terapi Ikan Hlo!

Di wisata Umbul Manten Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, disediakan kolam khusus untuk terapi ikan bagi para pengunjung.

76 Kendaraan Terjaring Penyekatan di Sragen, 4 Diputar Balik

Tim gabungan menggelar penyekatan kendaraan dari Jawa Timur yang masuk wilayah Jawa Tengah melalui Sragen, pada H+2 Lebaran.

Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Terbalik, Ini Kata BPBD Boyolali

Perahu wisata di di Waduk Kedungombo wilayah Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, terbalik pada Sabtu (15/5/2021) siang.

Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 16 dan 20 Mei, Kemenhub Tingkatkan Tes Acak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meningkatkan tes antigen secara acak sebagai salah satu upaya menghadapi puncak arus mudik yang kemungkinan terjadi tanggal 16 dan 20 Mei 2021.

Liburan Jelajahi Tempat Wisata Terbaru di Grobogan

Bagi warga Grobogan, wisata di Jowo Dhuwur View menjadi destinasi pelancong dengan beragam macam wahana hiburan yang bisa dinikmati.

Para Selebritas Mualaf Ini untuk Kali Pertama Rayakan Lebaran

Sejumlah selebritas mualaf ini untuk kali pertama merayakan Lebaran.

Selama Ramadan, 300 PGOT Ditangkap Satpol PP Solo, 2 Eksploitasi Anak

Satpol PP Kota Solo selama Ramadan dan Hari H Lebaran menangkap sebanyak 300 pengemis, gelandangan, dan orang terlantar atau PGOT di Kota Solo.

H+2 Lebaran, Arus Lalu Lintas ke Wisata Kemuning-Tawangmangu Macet Lur!  

Arus kendaraan menuju ke jalur wisata Ngargoyoso dan Tawangmangu pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021) mengalami kenaikan signifikan.

Bagi-Bagi Kupat Jembut di Tradisi Syawalan Khas Semarang

Dalam Bahasa Jawa, kata jembut mungkin memiliki kesan vulgar. Namun jembut di sini rupaya adalah jenis makanan.

Perahu Wisata di Waduk Kedung Ombo Kemusu Boyolali Tenggelam Diduga Kelebihan Muatan

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedung Ombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Permasalahan Pembayaran THR Banyak Dialami UMKM, Pemerintah Harus Hadir

Pemerintah harus hadir secara langsung untuk menangani masalah pembayaran THR keagamaan bagi perusahaan-perusahaan di segmen UMKM yang tidak mampu melakukan pembayaran sesuai ketentuan.