SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Batu akik Magetan kini ditatahkan di emban yang terbuat dari batok kelapa. Berminat?

Madiunpos.com, MAGETAN — Seorang warga di Kabupaten Magetan, Jawa Timur berkreasi membuat emban atau tali pembebat cincin batu akik dari batok atau tempurung kelapa. Emban batu akik nan unik itu banyak diminati oleh para pencinta batu akik.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Perajin emban cincin akik dari batok kelapa itu adalah Sugeng Riyadi, warga Kelurahan Tawanganom, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Hasil kerajinan emban akik batok kelapa Magetan yang dinilai kreatif itu membuat usahanya ramai menerima pesanan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Alhamdulillah, banyak pesanan. Kebetulan saya memang pencinta batu akik,” ujar Sugeng Riyadi kepada wartawan, Sabtu (29/8/2015).

Menurut dia, ide kreatif membuat emban cincin akik dari batok kelapa itu berawal dari dirinya yang tidak begitu suka dengan emban cincin akik dari logam seperti biasanya. “Dari situ saya berpikir, kira-kira bahan apa yang bisa diubah menjadi emban cincin. Pilihan saya jatuh pada batok atau tempurung buah kelapa,” katanya.

Emban akik batok kelapa Magetan itu membutuhkan batok kelapa yang berkualitas bagus. Batok-batok itu diperoleh Sugeng dari para penjual degan ataupun kelapa muda di pasar. Diperlukan dua hingga tiga batok kelapa untuk membuatnya sehingga emban akik batok kelapa Magetan itu cukup tebal untuk dilubangi sesuai ukuran jari pemesan.

Emban akik batok kelapa Magetan itu selanjutnya diamplas hingga halus dan dicat mengkilap.

Emban Kayu
Selain dari batok kelapa, Sugeng juga membuat emban cincin batu akik dari kayu. Sugeng mengaku tidak pernah mempromosikan hasil kreasinya tersebut. Pesanan yang ia peroleh murni berdasarkan informasi dari mulut ke mulut yang mmesannya.

Selama ini, dalam sehari Sugeng bisa mendapat tujuh pesanan membuat emban cincin akik tersebut. Hanya saja dibutuhkan waktu hingga beberapa hari untuk membuat emban tersebut yang semuanya dilakukan secara tradisional.

Untuk harga emban akik batok kelapa Magetan itu, ia tidak memasang tarif tinggi. Satu emban cincin akik dari batok kelapanya hanya dihargai Rp50.000.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya