Tutup Iklan
Bupati Batang Wihaji menyambut kedatangan Wapres Jusuf Kalla di Ponpes Moderen Tazzaka, Batang, Jateng. (Antara-Kutnadi)

Solopos.com, BATANG — Bupati Batang Wihaji mencoba memamerkan produk batik Rifaiyah khas daerahnya kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla pada acara peresmian Gedung Indonesia 2 Pondok Pesantren Moderen Tazaka Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

"Saya memakai baju koko dan sarung batik Rifaiyah merupakan bagian dari upaya promosikan batik khas Batang (batik Rifaiyah) kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla," katanya di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat.

Pada kesempatan itu, Bupati Batang Wihaji yang ikut dalam rombongan Wapres Jusuf Kalla berpakaian baju koko yang dibalut dengan sarung batik. Rifaiyah tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mempromosikan produk batik Rifaiyah khas daerahnya.

Ia mengatakan kehadiran sejumlah tokoh nasional ke Kabupaten Batang ini akan menguntungkan pemkab karena bisa mempromosikan produk batik Rifaiyah pada mereka secara gratis. "Setiap ada kesempatan kegiatan atau acara di mana pun, saya memakai batik khas Batang. Oleh karena, pada kesempatan ini saya promosikan produk batik Rifaiyah ini kepada wapres," katanya.

Ia mengatakan produk kerajinan batik Rifaiyah tersebut diambil dari nama pahlawan kemerdekaan sekaligus sebagai ulama Kabupaten Batang K.H. Rifaiyah. Uniknya, katanya, pada proses pembuatan batik Rifaiyah ini, para perajin akan mengalunkan syair-syair bernuansa Islam sambil membatik.

"Pada syair-syair itu, berisi ajaran keagamaan yang mengajak manusia untuk berbuat kebajikan terhadap sesamanya maupun mahluk lainnya," katanya.

">KLIK dan ">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten