Batik Air Jakarta-Gorontalo Delay 4 Jam Akibat Cuaca Buruk

Batik Air Jakarta-Gorontalo Delay 4 Jam Akibat Cuaca Buruk

SOLOPOS.COM - Airbus A320 milik maskapai Batik Air (Airbus.com)

Pesawat Batik Air rute Jakarta-Gorontalo mengalami delay 4 jam akibat cuaca buruk.

Solopos.com, JAKARTA -- Pesawat Batik Air dengan nomor ID 6242 rute penerbangan Jakarta-Gorontalo mengalami keterlambatan hingga 4 jam akibat cuaca buruk pada Jumat (23/2/2018).

Managing Director Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan pesawat dengan jadwal kedatangan pukul 06.00 WITA tidak dapat mendarat dikarenakan cuaca kurang baik dan kabut tebal, yang menyebabkan jarak pandang terbatas. Pilot terpaksa sempat melakukan pengalihan pendaratan ke Makassar karena terkendala cuaca buruk.

Setelah mendapatkan informasi tentang cuaca membaik dan bandar udara dinyatakan aman untuk proses penerbangan, Batik Air menerbangkan kembali dengan jadwal terbaru yang berangkat dari Makassar.

"Pesawat tiba di Gorontalo dengan selamat dan operasional penerbangan Batik Air dari Gorontalo berjalan normal kembali," kata Daniel dalam siaran pers, Sabtu (24/2/2018).

Pihaknya menjelaskan rute penerbangan ID 6242 adalah dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng (CGK) menuju Bandar Udara Djalaluddin, Gorontalo (GTO). Namun, cuaca buruk dan kabut menyebabkan visibilitas rendah sehingga menjadikan pilot melakukan go-around atau over shooting, yaitu manuver standar dari pesawat udara untuk membatalkan proses pendaratan (landing).

Pesawat berputar-putar (holding) hingga 60 menit. Batik Air berkoordinasi dengan pengelola bandar udara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan AirNav sebagai pengatur lalu lintas udara, akhirnya diputuskan untuk pengalihan pendaratan (divert) ke Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar (UPG).

Batik Air dengan nomor ID6243 telah mengundara dengan membawa 61 penumpang dari Gorontalo, pesawat tiba di Cengkareng pukul 12.40 waktu setempat.

"Kondisi ini merupakan force majeure, kejadian atau keadaan yang terjadi diluar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan. Keterlambatan penerbangan ini terjadi hingga 4 jam," ujarnya.

Batik Air akan meminimalisir dampak yang timbul dari kondisi ini untuk rute-rute berikutnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

H+1 Lebaran Jalanan Wonogiri Kok Ramai, Ternyata Ini Alasannya

Arus lalu lintas di Wonogiri pada H+1 Lebaran atau hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021) terpantau ramai lancar. Banyak warga yang berwisata maupun bersilaturahmi.

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.